Sabtu 31 Dec 2022 05:05 WIB

Adab Bepergian dalam Islam, Ada Amalan yang Dianjurkan

Dalam Islam, adab menjadi bagian tak terpisahkan dari akhlak.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Adab Bepergian dalam Islam, Ada Amalan yang Dianjurkan
Foto: Republika
Adab Bepergian dalam Islam, Ada Amalan yang Dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, adab menjadi bagian tak terpisahkan dari akhlak. Dalam aktivitas apapun, umat Islam seyogyanya mengedepankan adab karena SWT. 

Dilansir di About Islam, Selasa (27/12/2022), Nabi Muhammad SAW menyatakan beberapa etika dan tata krama yang harus diikuti setiap Muslim jika bepergian. Dianjurkan untuk membaca doa bepergian, mendirikan sholat sunnah dua rakaat, dan berdoa sebelum keluar rumah. 

Baca Juga

Dalam buku Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu (Fikih Islam dan Dalil-dalilnya) karya Syekh Wahbah Az-Zuhayli yang juga pernah menjadi Kepala Departemen Fikih Islam di Fakultas Syariah Damaskus menyebutkan, beberapa amalan yang dianjurkan yang harus dilakukan seorang Muslim ketika berangkat atau bepergian. Berikut beberapa di antaranya.

Membaca doa

Dalam perjalanan pulangnya, Nabi Muhammad SAW biasa mengucapkan doa bepergian, "Alhamdulillah, Subhaan Allah, Allahu Akbar. Subhan Alladhi sakhara lana hadha wama kunna lahu muqrineen, wa inna illa rabinna lamunqalibun. Allahumma inna nas’alluka fi safarina hadha al-Birra wat-taqwa, wa mina al-` mali ma tarda. Allahumma antas-sahibu fis-safar, wal khaleefatu fil-ahli wal walad. Allahumma inni `A`udh bika min wo`athaa’i-s-safar, wa ka’abatil manzhar, wa su’il munqalbi fil-mali wal al-Hali,". 

Berdoa sebelum keluar rumah adalah sunnah. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa melakukannya ketika meninggalkan rumahnya.

Sholat sunnah

Mendirikan sholat sunnah sebelum bepergian. Lebih baik membaca Surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan Surat Al-Ikhlas di rakaat kedua.

Saat menyelesaikan sholat dianjurkan untuk membaca Ayat Al-Kursi (ayat 255 Surat Al-Baqarah), Surat Quraisy (Bab 106) serta Surat Al-Ikhlaas (Bab 112) dan dua Surat pelindung (Al-Mu'awidhatayn Al-Falaq dan An-Naas atau surah 113 dan 114). 

Minta pada Allah

Dianjurkan meminta kepada Allah untuk memudahkan perjalanan dan memberi kesuksesan dalam perjalanan yang akan dilakukan. Doa agar dilancarkan dalam perjalanan, "Allahumma ilayka tawajahtu, wa bika i`tasamatu, Allahumma ikfni ma ahmmanni wa malam ahtamma bihi, Allahumma zawidni at-taqwa waghfir li dhanbi,". 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement