Jumat 23 Dec 2022 01:15 WIB

Doa Setelah Belajar

Menuntut ilmu dalam Islam hukumnya adalah wajib.

Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menuntut ilmu dalam Islam hukumnya adalah wajib. Umat Islam bahkan ditekankan untuk menimba ilmu sejak dalam buaian hingga menutup usia. 

Islam selalu memuliakan orang-orang yang menuntut ilmu, membagikan ilmunya, serta memanfaatkan ilmunya di jalan yang benar. Maka alangkah beruntungnya bagi seseorang dengan perjalanan panjang menuntut ilmu dapat mengamalkannya demi kebaikan bersama.

Baca Juga

Ustaz Ahmad Sarwat dalam buku Tahlil dan Doa menjabarkan bacaan doa usai belajar. Doa ini dapat dibaca jika seorang Muslim telah selesai menjalankan aktivitas belajarnya: 

"Robbana-nfa'na bima alamtana Robbi alimna alladzi yanfauna Robbi fakqihna wa faqiha lana wa qorobati lana fidinina. Ma’a ahlil quthri untsâ wa dzakar. Robbi waffiqnâ wawaffiqhum limâ. Tartadlî qoulân wa fi’lân karomâ. Warzuqil kulli halâlân dâ-imân. 

Wa akhillâ-a atqiyâ-a ‘ulamâ. Nahdhô bil khoiri wa nukfâ kulla syarri. Robbanâ washlih lanâ kullasy-syu-ûn. Wa aqirro birridlô minkal ‘uyûn. Waqdli ‘annâ robbanâ kullad-duyûn. Qobla an ya,tiyanâ ruslul manûn. Waghfir wastur anta akrom man satar,". 

Yang artinya, "Ya Allah berilah kami manfaat dengan apa yang telah kami pelajari. Ya Allah berikanlah ilmu yang bermanfaat kepada kami. Ya Allah berikanlah kefaqihan (kecerdasan) kepada kami, kepada keluarga kami, dan kepada kerabat-kerabat kami dalam agama kami, serta penghuni wilayah (negeri) baik perempuan maupun laki-laki. 

Ya Allah, berilah petunjuk kepada kami dan kepada mereka (keluarga, kerabat, ahl quthr) kepada sesuatu yang Engkau ridloi baik ucapan maupun perbuatan yang mulia, berikanlah kepada kami semua rizqi yang halal selamanya, dan hiasilah kami dengan taqwanya para ‘ulama. 

Semoga kami diberi keuntungan dengan kebaikan dan pencegahan dari setiap yang buruk. Ya Allah berikanlah kebaikan kepada kami atas setiap urusan, Berikanlah kesejukan mata hati kami dengan keridloan-Mu, Tunaikanlah dari kami (kemudahan) duhai Rabb kami,(dalam membayar) setiap utang, sebelum datang kepada kami para utusan pencabut nyawa (malaikat maut), dan ampunilah dan tutuplah (dosa dan aib kami), sesungguhnya Engkau semulia-mulianya Dzat Yang Maha Menutupi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement