Jumat 23 Dec 2022 01:51 WIB

Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 70: Setiap Jiwa Diberi Balasan Sempurna di Akhirat

Allah Hakim Yang Maha Adil lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 70: Setiap Jiwa Diberi Balasan Sempurna di Akhirat
Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 70: Setiap Jiwa Diberi Balasan Sempurna di Akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menjelaskan setiap jiwa diberi belasan dengan sempurna sesuai amal perbuatannya di dunia karena Allah Hakim Yang Maha Adil. Hal ini dijelaskan dalam Surat Az-Zumar Ayat 70 dan tafsirnya.

وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ وَهُوَ اَعْلَمُ بِمَا يَفْعَلُوْنَ ࣖ

Baca Juga

Setiap jiwa diberi balasan dengan sempurna sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya, dan Dia paling tahu tentang apa yang mereka lakukan. (QS Az-Zumar: 70)

Ayat di atas mengandung arti, "Sebagai bukti atas keadilan putusan itu, kepada setiap jiwa diberi balasan yang setimpal dengan sempurna sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya, dan Dia Allah Hakim Yang Maha Adil lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan."

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat tersebut menjelaskan bahwa sesudah melalui timbangan yang menimbang dengan seadil-adilnya, barulah diberikan balasan terhadap amal masing-masing dengan sempurna, yang baik dibalas dengan berlipat-ganda dan yang jahat dengan yang setimpal. Tak ada seorang pun yang memprotes putusan dan balasan itu.

Bergembiralah orang yang beriman dan banyak mengerjakan amal saleh dan celaka serta menyesallah orang-orang kafir yang selama hidupnya di dunia selalu bersikap sombong dan takabur dan banyak melakukan perbuatan dosa dan durhaka.

Sebenarnya tidaklah perlu ada prosedur yang amat teliti dan cermat serta saksi-saksi yang tak dapat ditolak, karena semua amal perbuatan hamba Allah telah ada dalam ilmu Allah Yang Maha Luas dan Dialah yang berkuasa mutlak pada hari itu. Dia dapat memperlakukan hamba-Nya dengan kehendak-Nya tanpa ada pembuktian atas kesalahan seseorang, tetapi Allah Yang Maha Bijaksana menghendaki supaya semua putusan yang ditetapkan-Nya dapat dilihat oleh hamba-Nya pada waktu itu semuanya berdasarkan bukti-bukti yang tak dapat dibantah lagi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement