Rahasia Kemukjizatan Alquran: Diturunkan Allah SWT Sang Mahaperkasa Mahabijaksana

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 09 Dec 2022 07:36 WIB

Ilustrasi Alquran. Alquran adalah mukjizat yang diturankan Allah SWT untuk Rasulullah SAW Foto: republika Ilustrasi Alquran. Alquran adalah mukjizat yang diturankan Allah SWT untuk Rasulullah SAW

Alquran adalah mukjizat yang diturankan Allah SWT untuk Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Alquran, Allah SWT menegaskan bahwa Alquran diturunkan dari sisi Allah Yang Mahaperkasa dan Mahabijaksana. 

Allah SWT menyebut nama-Nya yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana untuk menegaskan bahwa Alquran mengandung petunjuk yang benar, tidak ada keraguan di dalamnya. Hal ini dijelaskan dalam tafsir surat Az-Zumar Ayat 1.

Baca Juga

 تَنْزِيْلُ الْكِتٰبِ مِنَ اللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ “Diturunkannya Kitab (Alquran) ini (berasal) dari Allah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (QS Az-Zumar ayat 1)

Ayat tersebut mengandung arti, "Allah SWT mengawali Surat Az-Zumar dengan penegasan bahwa Alquran turun dari sisi Allah SWT. Sesungguhnya kitab Alquran ini diturunkan Allah Yang Mahamulia, Mahaperkasa dalam kerajaan-Nya, dan Mahabijaksana dalam menciptakan sehingga tidak sedikit pun ciptaan-Nya yang sia-sia.”

Menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah SWT menjelaskan bahwa Alquran yang bernilai tinggi ini, diturunkan dari sisi Allah SWT Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. 

Disebutkan sifat Allah SWT Yang Mahaperkasa dan Mahabijaksana dalam ayat ini agar tergambar bagi orang yang mendengar atau membacanya bahwa Alquran itu mengandung petunjuk-petunjuk yang benar.

Nilai-nilai kebenarannya tidak dapat disanggah atau dibantah oleh siapapun juga, dan nilai-nilai kebijaksanaan di dalamnya tidak dapat diragukan. 

Bukti-bukti kebenaran bahwa Alquran itu diturunkan dari Allah SWT dan mengandung petunjuk yang benar dijelaskan juga dalam ayat-ayat yang lain. Allah  SWT berfirman: 

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ عَلَىٰ قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

 "Dan sungguh (Alquran) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Nabi Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas." (QS Asy-Syuara ayat 192-195)

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءَهُمْ ۖ وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ ۖ تَنْزِيلٌ مِنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ

"Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Alquran ketika (Alquran) itu disampaikan kepada mereka (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya (Alquran) itu adalah Kitab yang mulia, (yang) tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana, Mahaterpuji." (Fussilat ayat 41-42)   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini