Tafsir Surat As Saffat Ayat 22-23: Orang Zalim Ditunjukkan Jalan Menuju Neraka Jahim

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 02 Dec 2022 20:37 WIB

Tafsir Surat As Saffat Ayat 22-23: Orang Zalim Ditunjukkan Jalan Menuju Neraka Jahim Foto: Republika.co.id Tafsir Surat As Saffat Ayat 22-23: Orang Zalim Ditunjukkan Jalan Menuju Neraka Jahim

Malaikat Zabaniyah diperintahkan mengumpulkan orang-orang yang telah berbuat zalim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menjelaskan  orang-orang zalim dan teman-temannya serta berhala yang dulu mereka sembah akan dikumpulkan oleh malaikat Zabaniyah. Kemudian akan ditunjukkan kepada mereka jalan menuju neraka Jahim. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surah As-Saffat Ayat 22-23.

اُحْشُرُوا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا وَاَزْوَاجَهُمْ وَمَا كَانُوْا يَعْبُدُوْنَ ۙ

Baca Juga

مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَاهْدُوْهُمْ اِلٰى صِرَاطِ الْجَحِيْمِ

(Lalu diperintahkan kepada para malaikat), "Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan apa yang dahulu mereka sembah selain Allah. Lalu, tunjukkanlah kepada mereka jalan ke (neraka) Jahim. (QS As-Saffat: 22-23).

Ayat tersebut mengandung arti, Allah menurunkan perintah kepada malaikat, "Kumpulkanlah orang-orang yang berbuat zalim kepada dirinya dengan berbuat syirik beserta teman sejawat mereka yang menjerumuskan ke dalam kekafiran, dan bawalah serta apa yang dahulu mereka sembah, yaitu patung dan sesembahan lainnya. Bawalah serta apa yang orang-orang musyrik itu sembah selain Allah, lalu tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka dan giringlah mereka masuk ke dalamnya."

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan malaikat Zabaniyah diperintahkan mengumpulkan orang-orang yang telah berbuat zalim pada hari kiamat, agar pergi ke tempat hukuman menurut kelompok perbuatan dosa mereka masing-masing.

Para pezina sesama pezina, pemakan riba sesama pemakan riba, demikianlah seterusnya. Demikian pula penyembah-penyembah berhala dikumpulkan bersama berhalanya agar mereka tambah merasa malu dan sedih. Lalu mereka digiring menuju neraka Jahim.

Allah berfirman, "Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari Kiamat dengan wajah tersungkur, dalam keadaan buta, bisu, dan tuli. Tempat kediaman mereka adalah neraka Jahanam. Setiap kali nyala api Jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi nyalanya bagi mereka." (QS Al-Isra': 97)

photo
Infografis Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini