Selasa 29 Nov 2022 15:59 WIB

7 Perbuatan yang Membuahkan Pertolongan Allah

Setiap orang adalah seperti keluarga satu sama lain.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
7 Perbuatan yang Membuahkan Pertolongan Allah
Foto:

2. Mengurangi Kesulitan Mereka yang Berutang

Berutang kepada seseorang adalah perasaan yang mengerikan. Utang itu biasanya bersifat finansial. Nabi Muhammad menjelaskan kepada kita bahwa meringankan utang seseorang yang kesulitan memenuhi persyaratan utangnya adalah tindakan yang dicintai Allah.

3. Menyembunyikan Kesalahan Seorang Mukmin

Aturan umum yang diturunkan para ulama dari bagian hadits ini adalah bahwa orang-orang beriman tidak boleh mengungkapkan kesalahan rekan-rekan mereka yang beriman. Sekarang, kita sering melihat atau mendengar beberapa orang menganggap kesalahan orang lain sebagai jenis hiburan.

Mereka mengejek dan menertawakan, sebagai Muslim, kita harus peduli dengan kesalahan kita sendiri dan terus-menerus berusaha memperbaiki diri. Orang yang menyembunyikan aib, maka aibnya sendiri akan disembunyikan oleh Allah di dunia dan di akhirat.

4. Allah Menolong Orang yang Membantu Sesama

Membantu sesama mukmin adalah sesuatu yang harus ditanggapi dengan sangat serius oleh umat Islam. Nabi Muhammad mengingatkan kita berkali-kali kita harus mencintai saudara atau saudari kita seperti yang kita cintai untuk diri kita sendiri. Jika kita benar-benar peduli satu sama lain, akan ada sangat sedikit orang yang membutuhkan di komunitas Muslim.

5. Mencari Ilmu

Mencari ilmu yang bermanfaat adalah amalan yang sangat mulia. Semoga Allah memudahkan jalan menuju surga bagi mereka yang mencari ilmu dengan berbagai cara. Mereka mungkin dibimbing ke surga melalui pengetahuan.

Banyak orang yang mencari ilmu, tetapi tidak mendapatkan berkah dari ilmu yang diperolehnya. Oleh karena itu, seorang mukmin harus mencari ilmu dengan niat yang baik dan ikhlas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement