Doa Menuju Tempat Tidur yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

 Kamis 24 Nov 2022 18:00 WIB

Tidur (ilustrasi). Rasulullah SAW memberikan contoh doa yang dibaca menunju tempat tidur Foto: Pixabay Tidur (ilustrasi). Rasulullah SAW memberikan contoh doa yang dibaca menunju tempat tidur

Rasulullah SAW memberikan contoh doa yang dibaca menunju tempat tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Para salafus shalih sangat memperhatikan ketika akan hendak tidur. Sebab bagi mereka aktivitas tidur bukan sekedar mengistirahatkan tubuh semata. 

Namun aktivitas tidur berkaitan juga dengan ruh yang menjadi misteri. Para salafus shalih mengambil hikmah dari fenomena tidur sebagai bagian tanda kekuasan Allah SWT dan sebagai pengingat dari akan kematian. 

Baca Juga

Karena itu orang-orang saleh senantiasa meneladani Nabi Muhammad SAW ketika akan tidur. 

Selain membersihkan tempat tidur, Rasulullah SAW mengajarkan doa pada umatnya ketika hendak menuju tempat tidur. 

Seseorang yang melafalkan doa ini ketika hendak menuju tempat tidur, apabila orang tersebut meninggal pada malam tersebut, maka orang itu meninggal dalam keadaan fitrah, dan apabila pada pagi hari maka dalam keadaan telah mendapatkan kebaikan. 

Keterangan ini sebagaimana dapat ditemukan pada hadits Nabi Muhammad SAW pada Sunan Tirmidzi nomor 3316 versi Al Alamiyah atau 3394 versi Maktabatu al Ma'arif Riyadh.

Berikut redaksi doa menuju ke tempat tidur:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَى مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Allahuma inny aslamtu nafsiy ilaika wa wajhahtu wajhiy ilaika wa fawwadhtu amriy ilaika roghbatan wa rohbatan ilaika wa aljatu dzohriy ilaika laa malja wa laa manjaa minka illa ilaika amantu bikitabikal ladzi anzalta wa nabiyakal ladzi arsalta. 

Ya Allah, aku serahkan jiwaku kepada-Mu, dan aku arahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepadamu, dengan berharap dan takut kepada-Mu. Dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan tempat menyelamatkan diri kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini