Selasa 11 Oct 2022 10:00 WIB

Doa Terhindar dari Sifat Dengki

Seorang Muslim harus saling mendoakan yang baik.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Doa untuk Sesama Muslim Agar Terhindar dari Dengki. Foto: Bahaya Menyimpan Iri dan Dengki (Ilustrasi)
Foto: pxhere
Doa untuk Sesama Muslim Agar Terhindar dari Dengki. Foto: Bahaya Menyimpan Iri dan Dengki (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Setiap Muslim adalah saudara. Maka hendaknya untuk saling menyayangi, memaafkan dan mendoakan. Tidak boleh bagi seorang Muslim  menyimpan kedengkian, dendam dan permusuhan pada Muslim lainnya. Sebab itu semua akan dapat merusak persatuan umat Islam. 

Seorang Muslim justru harus menyayangi Muslim lainnya sebagaimana memperhatikan dan menyayangi dirinya sendiri. Setiap Muslim harus sering memperhatikan kondisi saudaranya, bila saudaranya kekurangan dalam makanan maka hendaknya sebagai sesama Muslim memberikan bantuan. 

Baca Juga

Sebab itu dalam setiap berdoa, sebaiknya juga memanjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari sifat dengki terhadap sesama orang beriman. Berikut doanya yang dapat ditemukan pada Alquran surat Al Hasyr ayat 10.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

"Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang."

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement