Jumat 09 Sep 2022 06:07 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Pemuda Teladan dalam Alquran

Pemuda hebat bukan hanya yang berotak cerdas, tapi memiliki keteguhan iman.

Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim. Naskah Khutbah Jumat: Pemuda Teladan dalam Alquran
Foto:

Hadirin yang dimuliakan Allah

Kisah yang tak kalah heroik adalah putra beliau, Ismail. Momentum Idul Adha selalu mengingatkan kita kepada pribadi hebat ini. Ia adalah nabi kedelapan dalam sejarah Islam. Pernah suatu ketika, ayahnya, menerima wahyu untuk menyembelih dirinya: anak semata wayang yang kehadirannya ditunggu-tunggu sekian waktu lamanya. Ketika perintah itu disampaikan kepadanya, apa jawaban pemuda hebat ini? “Lakukanlah perintah Allah itu, wahai Ayah. Insya Allah aku termasuk orang yang sabar.” (QS. As-Shaffat/37: 102).

Alangkah hebat jawaban Ismail. Dia benar-benar sosok anak yang menjadi hiasan hati orang tua. Kita dibuat decak kagum dan takjub dengan kesalehan anak muda itu. Mendengar kisahnya, kita kemudian berharap, memohon, dan sangat berkeinginan dikaruniai anak seperti Ismail. Pertanyaannya, sudahkah kita sendiri sekualitas Ibrahim?

Ada pepatah, buah yang jatuh mesti tidak jauh dari pohonnya. Mata air yang keruh pasti memancarkan air yang keruh pula. Kita yang shalatnya tidak terjaga, jangan berharap punya anak seperti Ismail.

Kita yang dalam mendidik anak masih serampangan, jangan bermimpi punya keturunan seperti Ismail. Artinya, ketika kita ingin memiliki buah hati yang baik, saleh, dan hebat, mestinya orang tua harus baik terlebih dulu.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/08/25/pemuda-teladan-dalam-al-quran/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement