Kamis 01 Sep 2022 13:37 WIB

Tafsir Surat An Naml Ayat 40: Kekuatan Iman dan Kewaspadaan Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman tidak angkuh dan sombong meski memiliki banyak karunia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Nabi dan Rasul. Tafsir Surat An Naml Ayat 40: Kekuatan Iman dan Kewaspadaan Nabi Sulaiwan
Foto:

Melihat peristiwa yang terjadi hanya dalam sekejap mata, maka Nabi Sulaiman berkata, "Ini termasuk karunia yang telah dilimpahkan Tuhan kepadaku. Dengan karunia itu aku diujinya, apakah aku termasuk orang-orang yang mensyukuri karunia Tuhan atau termasuk orang-orang yang mengingkarinya."

Melihat sikap Nabi Sulaiman tampak kekuatan iman dan kewaspadaannya. Ia tidak mudah diperdaya oleh karunia apapun yang diberikan kepadanya, karena semua karunia itu, baik berupa kebahagiaan atau kesengsaraan, semuanya merupakan ujian Tuhan kepada hamba-hamba-Nya.

Nabi Sulaiman mengucapkan yang demikian itu karena sangat yakin bahwa barang siapa yang mensyukuri nikmat Allah, maka faedah mensyukuri nikmat Allah itu akan kembali kepada dirinya sendiri, karena Allah akan menambah lagi nikmat-nikmat itu. Sebaliknya, orang yang mengingkari nikmat Allah maka dosa keingkarannya itu juga akan kembali kepadanya. Dia akan disiksa oleh Allah karena keingkaran itu.

Selanjutnya Nabi Sulaiman mengatakan, "Tuhan yang disembah itu adalah Tuhan Yang Maha Kaya, tidak memerlukan sesuatu pun dari makhluk-Nya, tetapi makhluk lah yang memerlukan-Nya. Tuhan yang disembah itu adalah Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya ketika membalas kebaikan mereka dengan balasan yang berlipat ganda."

Sikap Nabi Sulaiman dalam menerima nikmat Allah adalah sikap yang harus dijadikan contoh teladan oleh setiap Muslim. Sikap demikian itu akan menghilangkan sifat angkuh dan sombong yang ada pada diri seseorang. Ia juga akan menghilangkan rasa putus asa dan rendah diri bagi orang yang sedang dalam keadaan sengsara dan menderita, karena dia mengetahui semuanya itu adalah cobaan dan ujian dari Tuhan kepada para hamba-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement