Kemukjizatan Alquran yang Jarang Disadari

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

 Ahad 07 Aug 2022 11:56 WIB

 Kemukjizatan Alquran yang Jarang Disadari. Foto: Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran Foto: Republika.co.id Kemukjizatan Alquran yang Jarang Disadari. Foto: Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

Alquran memiliki mukjizat.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Mantan Mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah menyampaikan penjelasan soal keagungan kitab suci Alquran. Ada banyak sesuatu yang menunjukkan kemuliaan Alquran yang perlu diketahui setiap Muslim.

Syekh Jum'ah menjelaskan, akar kata yang ada dalam Alquran berjumlah 1.810 kata, dan kata yang tidak berulangnya berjumlah 1.620 kata. Dia juga mengungkapkan, ada 10 qiroat Alquran dan semuanya terjaga dari penyelewengan. Qiroat sendiri adalah mazhab dalam membaca Alquran yang dipengaruhi perbedaan dialek.

Baca Juga

"Ini membuktikan bahwa Alquran terjaga sepanjang waktu dan zaman, sampai Hari Kiamat. Alquran adalah kalam Allah dan bukan makhluk. Alquran melampaui zaman, tempat, manusia dan keadaan," tutur dia seperti dilansir Elbalad, Ahad (7/8/2022).

Syekh Jum'ah juga memaparkan, ada 90 qiroat Alquran yang menyeleweng dan salah. Qiroat yang menyeleweng dan salah ini diketahui dan tentu tidak digunakan.

Anggota dewan ulama senior Al-Azhar Mesir itu juga menyampaikan, Allah SWT menjaga Alquran pada tingkat bunyi bacaannya. Dan ini tidak hanya satu kali, tetapi bahkan sampai 10 kali. "Tidak ada teks di muka bumi ini yang menggunakan cara ini," ujarnya.

Syekh Jum'ah juga mengingatkan, Alquran bahkan sampai bisa dihafal oleh anak-anak kecil padahal mereka tidak mengerti bahasa Arab. Umat Muslim melaksanakan sholat karena mereka hafal Alquran. "Jelas ini adalah mukjizat ilahi. Nabi Muhammad SAW datang sebagai rahmat bagi semesta alam, dengan mukjizat Alquran," katanya.

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya ia benar-benar adalah bacaan sempurna yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara. Tidak ada yang menyentuhnya kecuali hamba-hamba Allah yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam." (QS Al-Waqi'ah ayat 77-80)

Sumber

https://www.elbalad.news/5387417

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini