Orang Beriman Selalu Dapat Cobaan, Tapi Dibela Allah SWT

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 29 Jul 2022 09:00 WIB

orang-orang beriman selalu mendapat cobaan dan rintangan  (ilustrasi). Foto: blog.science.gc.ca orang-orang beriman selalu mendapat cobaan dan rintangan (ilustrasi).

Orang-orang beriman selalu mendapat cobaan dan rintangan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Alquran menjelaskan bahwa orang-orang beriman selalu mendapat cobaan dan rintangan dari musuh-musuh Allah SWT. Tapi Allah SWT menegaskan bahwa Dia membela orang-orang beriman. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Hajj Ayat 38 dan tafsirnya.

 اِنَّ اللّٰهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُوْرٍ ࣖ

Baca Juga

Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat khianat lagi sangat kufur. (QS Al-Hajj: 38)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini mengisyaratkan bahwa orang-orang beriman selalu mendapat cobaan dan rintangan dari musuh-musuh Allah dan orang-orang yang menginginkan agar agama Allah lenyap dari muka bumi.

Sekalipun demikian, Allah tetap membela orang-orang yang beriman dengan menguatkan hati mereka, memantapkan langkah-langkah mereka untuk mengikuti jalan yang lurus yang telah dibentangkan Allah, dan memperkuat kesabaran serta ketabahan hati mereka.

Jaminan Allah terhadap pembelaan-Nya pada orang Mukmin ditegaskan dalam firman-Nya. Allah telah menetapkan, ”Aku dan Rasul-rasul-Ku pasti menang.” Sungguh, Allah Maha Kuat, Maha Perkasa. (QS Al-Mujadalah: 21)

Karena itu diwajibkan atas orang-orang yang telah beriman yang telah ditolong Allah, membela dan menegakkan agama Allah, sebagai tanda bersyukur atas pertolongan-Nya. Allah membela orang-orang yang beriman karena mereka telah menepati janjinya untuk menegakkan agama Allah, oleh sebab itu, Allah membenci orang-orang yang khianat dan orang-orang kafir yang telah mengkhianati janji Allah yang telah ditetapkan-Nya, sebagaimana yang telah diterangkan dalam firman Allah.

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap ruh mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini." (QS Al- A‘raf: 172)

Mereka mengingkari perintah Allah dan tidak mengindahkan larangan-larangan-Nya, mendustakan ayat-ayat Allah, sehingga mereka tidak diacuhkan Allah di akhirat nanti.

Allah beriman, "Sungguh, orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab, dan menjualnya dengan harga murah, mereka hanya menelan api neraka ke dalam perutnya, dan Allah tidak akan menyapa mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan mensucikan mereka. Mereka akan mendapat azab yang sangat pedih." (QS Al-Baqarah: 174)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini