Jumat 22 Jul 2022 09:00 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan adalah bagian dari gaya hidup sehat Nabi Muhammad SAW.

Warga membersihkan sampah di depan mural larangan buang sampah sembarangan di Serua, Depok, Jawa Barat, Jumat (4/3/2022). Mural dengan tema larangan buang sampah sembarangan tersebut diinisiasi oleh Komunitas Mural Art Serua sebagai media memberikan peringatan dan himbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan itu. Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Foto:

Kedua, mengamalkan sunnah Rasul. Tiada teladan terbaik sepanjang hayat kecuali Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dialah satu-satunya teladan bagi umat Islam. Meneladani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bukan hanya dalam amaliyah satu sisi, tapi juga termasuk mengamalkan kebersihan adalah bagian dari mencontoh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam begitu senang dengan kebersihan. Bahkan kebersihan adalah bagian dari gaya hidup sehat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Betapa banyak hadis shahih menyebutkan bahwa Rasul adalah tipe orang yang menyukai kebersihan. Beliau gemar bersiwak atau menggosok gigi untuk menjaga kesehatan mulutnya.

Diriwayatkan Abu Hurairah r.a. dia berkata: Rasulullah saw bersabda:

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

“Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat”. (HR Bukhari)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement