Allah SWT Sediakan Surga Adn untuk Golongan Ini

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Rabu 29 Jun 2022 07:53 WIB

Ilustrasi Surga Foto: Pixabay Ilustrasi Surga

Surga Adn digambarkan sebagai tempat yang indah dan penuh perhiasan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Allah SWT menciptakan surga Adn untuk golongan orang-orang yang beriman kepada Alquran dan mengerjakan amal saleh. Surga Adn digambarkan sebagai tempat yang indah dan penuh perhiasan dalam Surah Al-Kahf Ayat 31 dan tafsirnya.

اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّيَلْبَسُوْنَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّنْ سُنْدُسٍ وَّاِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِـِٕيْنَ فِيْهَا عَلَى الْاَرَاۤىِٕكِۗ نِعْمَ الثَّوَابُۗ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا ࣖ

Baca Juga

Mereka itulah yang memperoleh surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal. Mereka duduk-duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah. (QS Al-Kahf: 31)

Ayat ini mengandung arti, orang-orang yang tinggi kedudukannya yang memperoleh surga Adn, yang mengalir di antara pepohonan yang tumbuh di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang yang terbuat dari emas. Penghuni surga Adn memakai pakaian berwarna hijau yang terbuat dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka di dalam menikmati keindahan itu duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang diberi bantal dan tirai yang indah. Itulah sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah yang memberikan manfaat dan kebahagiaan yang sebesar-besarnya.

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini, Allah SWT menguraikan ganjaran bagi orang-orang yang beriman kepada Alquran dan mengerjakan amal saleh. Allah SWT menyediakan untuk mereka surga ‘Adn yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Surga ‘Adn itu sangat luas, sehingga taman-taman yang ada di dalamnya bagaikan surga tersendiri.

Para penghuni surga Adn juga dianugerahi perhiasan-perhiasan yang indah, yaitu gelang emas yang menghiasi tangan mereka. Perhiasan yang gemerlap itu hanya memenuhi tangan mereka yang dahulu disentuh air wudhu.

Rasulullah SAW bersabda, "Perhiasan orang-orang yang beriman itu (di surga) memenuhi tempat yang dicapai oleh wudhu." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Di samping perhiasan tersebut, mereka juga mengenakan pakaian sutra yang halus dan tebal berwarna hijau dan berlapiskan benang-benang emas. Sungguh pakaian itu terhitung pakaian yang sangat mewah dalam kehidupan duniawi. Warna hijau adalah warna alami, warna yang menyejukkan pandangan dan perasaan.

Untuk tempat mereka beristirahat dalam surga disediakan beberapa buah arikah (sofa) sejenis tempat duduk sambil bertelekan menikmati istirahatnya. Demikian itulah surga, pahala yang paling baik dan tempat yang indah, yang disediakan Allah bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Cara Allah Kabulkan Doa
Jangan Berlaku Zalim