Jumat 24 Jun 2022 16:05 WIB

Makna Surat Al-Ma'un: Jangan Anggap Remeh Kebaikan Kecil

Membawa kebahagiaan bagi masyarakat adalah tugas individu sekaligus tugas kolektif.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Warga melakukan shalat ghaib untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril usai shalat Jumat di Masjid Raya Bandung, Alun-alun Kota Bandung, Jumat (3/6). Makna Surat Al-Ma'un: Jangan Anggap Remeh Kebaikan Kecil
Foto:

"Dan tidak mendorong memberi makan orang miskin."

Sebagai seorang muslim tidak cukup memberi makan yang membutuhkan dan bermurah hati kepada mereka. Dia juga harus mendorong orang lain berbuat baik dan bermurah hati kepada yang kurang beruntung.

Seseorang harus berbuat baik dan menasehati orang lain untuk berbuat baik juga. Membawa kebahagiaan bagi masyarakat adalah tugas individu sekaligus tugas kolektif. Orang yang benar-benar percaya kepada Tuhan, tidak akan pernah tidak aktif dalam hal apa pun.

Surah Al-Ma'un juga memperkenalkan kita pada contoh lain dari realitas itu. Adalah orang-orang yang melaksanakan sholat tetapi pada saat yang sama mereka lalai dalam sholatnya.

Mereka menggunakan sholat mereka sebagai cara untuk pamer. Mereka mencoba mengenakan jubah kesalehan untuk menipu orang lain sementara hati mereka terganggu atau lalai.

Perbuatan Kecil Itu Penting

Lebih jauh lagi, mereka yang mengingkari agama, juga gagal dalam praktiknya untuk membantu dan berguna bagi sesama anggota masyarakat. Mereka menolak memberikan bantuan sekecil apapun kepada orang lain, seperti yang dijelaskan dalam Surat al-Ma'un.

Jika Anda adalah orang yang benar-benar beriman kepada Allah, dan sholat Anda memiliki dampak nyata di hati Anda, maka hal ini seharusnya tercermin dalam tindakan. Anda harus menggunakan apa yang telah Allah anugerahkan kepada Anda untuk memberi manfaat bagi orang lain dan membuat hidup mereka lebih mudah.

Anda diberi alat dan benda sebagai ujian apakah Anda mau membantu orang lain, yang merupakan kewajiban Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement