Selasa 14 Jun 2022 10:20 WIB

Doa nabi Sulaiman Ketika Bertemu Kawanan Semut

Alquran Al Karim mengabadikan doa nabi Sulaiman saat bertemu kawanan semut.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Kehidupan sosial semut (ilustrasi)
Foto:

Ratu semut memerintahkan kepada bangsanya menghindari rute yang akan dilewati oleh pasukan nabi Sulaiman. Ratu semut memerintahkan agar bangsanya itu masuk ke sarang sebab pasukan nabi Sulaiman akan melewati rute tersebut. Ratu semut khawatir pasukan nabi Sulaiman yang tidak melihat keberadaan kawanan semut dapat menginjak kawanan semut secara tidak sengaja. Karena itu, ratu semut memerintahkan agar bangsanya masuk semua ke dalam sarang. Ternyata nabi Sulaiman mendengar komunikasi ratu semut itu dengan bangsanya. Seketika nabi Sulaiman tersenyum akan peristiwa itu.

"Nabi Sulaiman dengar ternyata percakapan  itu dan tersenyum. Nabi Sulaiman ada perasaan lucu (mendengar komunikasi ratu semut pada bangsanya) tapi ada juga perasaan gembira karena bisa memahami bahasa binatang sekecil semut. Kemudian nabi Sulaiman menyebut nikmat-nikmat Allah berupa diberikan pemahaman akan bahasa semut," katanya. 

Hal ini pula menurut ustaz Syahrullah dijadikan oleh para ulama sebagai argumentasi bahwa bercanda atau memiliki humor tidak terlarang selama tidak berlebihan. Justru menurut ustaz Syahrullah orang yang memiliki selera humor menandakan kematangan karakter dan berpikir. Bahkan dalam beberapa riwayat juga dijelaskan tentang kisah Rasulullah SAW yang bercanda dengan para sahabatnya. 

Setelah menangkap komunikasi ratu semut dengan bangsanya itu, nabi Sulaiman pun memanjatkan doa kepada Allah SWT.  

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi auzini an saykuro ni'mataka lati an 'amta 'alaya wa 'ala wali daya wa an a'mala sholihan tardohu wa adkhilni birohmatka fi inadika sholihin.  

Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Ustaz Syahrullah menjelaskan bahwa nabi Sulaiman memohon pada Allah SWT agar menganugerahkan kepada dirinya untuk senantiasa menjadi orang yang bersyukur atas nikmat yang begitu banyak yang telah diberikan Allah kepadanya dan nikmat yang banyak yang telah diberikan juga kepada ayahnya yakni nabi Daud. 

Nabi Sulaiman berdoa agar Allah SWT menganugerahkan kepadanya untuk terus beramal saleh yang diridhoi Allah SWT serta memohon agar digolongkan dan di masukan ke surga dengan rahmat Allah bersama golongan orang saleh. 

 

"Tidak mungkin orang berbuat baik kalau tidak ada rahmat Allah. Jadi rahmat Allah itu memang membimbing seseorang untuk melakukan hal yang baik. Jadi orang masuk surga itu karena rahmat Allah. Orang masuk surga itu beramal saleh. Orang beramal saleh itu karena rahmat Allah SWT," katanya. Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement