Kamis 19 May 2022 16:18 WIB

Ada Empat Ciri-Ciri Orang yang Bertakwa

Empat ciri ini dijelaskan Allah SWT dalam Alquran surah Ali-Imran ayat 134.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Takwa (ilustrasi).
Foto: alifmusic.net
Takwa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Taufik Damas, mengatakan ketakwaan menjadi akhir tujuan bagi seorang muslim ketika menghadap Allah SWT. Menurutnya, ada empat ciri-ciri orang yang bertakwa. Empat ciri ini dijelaskan Allah SWT dalam Alquran surah Ali-Imran ayat 134.

"Maka penting sekali mengingatkan tentang ciri-ciri orang yang bertakwa dalam surah Ali Imran ayat 134," katanya saat memberikan tausiyah subuhnya kepada peserta bimbingan teknis (Bimtek) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi, di Masjid Al-Mabrur, Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga

"Yaitu orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan," papar dia.

KH Taufik menjelaskan ciri pertama orang yang memiliki kedermawanan hati. Bahkan, kata dia menurut ayat 134 Ali Imran 'fis-sarra'i waḍ-ḍarra'i' dia dermawan, mudah membantu orang walaupun ekonominya sedang pas-pasan. 

 

"Apalagi ekonominya sedang bagus, tentu disesuaikan dengan kadarnya" katanya.

Karena kata dia, ada da tipe orang ketika sedang bagus kondosi ekonominya, maka akan lebih baik dalam hal bersedekah. Akan tetapi, kata KH Taufik Damas ciri orang yang bertakwa menurut ayat ini ciri orang yang bertakwa adalah, darmawan ketika ekonominya sedang sempit.

"Lebih lagi kalau ekonominya sedang bagus," katanya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement