Tafsir Surah An-Nahl Ayat 96, Ini Penjelasannya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Kamis 19 May 2022 08:55 WIB

Alquran Foto: Republika/Agung Supriyanto Alquran

Allah SWT memberi kabar gembira kepada mereka yang beriman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT memberi kabar gembira kepada mereka yang beriman, sabar menghadapi tugas-tugas agama, dan tabah menghadapi penderitaan. Bagi mereka, Allah akan memberikan balasan yang lebih baik dari yang mereka kerjakan yakni kenikmatan yang kekal. Hal ini dijelaskan dalam Tafsir Surah An-Nahl Ayat 96.

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Baca Juga

Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS An-Nahl: 96)

Ayat ini mengandung arti bahwa manusia diberi tahu atau dikabarkan kepada manusia bahwa apa yang ada di sisi manusia berupa kenikmatan duniawi, suatu saat nanti pasti akan lenyap, hancur, hilang, dan berakhir. Tapi yang ada di sisi Allah, berupa kenikmatan ukhrawi dan balasan amal baik yang akan manusia peroleh adalah kekal, dan akan senantiasa mendapatkannya secara abadi.

Diberitahukan kepada orang yang beriman, bahwa Allah pasti akan memberi balasan yang setimpal kepada orang yang sabar dalam melaksanakan tuntunan Allah dan meninggalkan larangan-Nya, dengan pahala yang berlipat ganda dan lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, Allah SWT yang menjelaskan bahwa segala apa yang dimiliki dan datang dari manusia, berupa pemberian harta benda duniawi, adalah terbatas dan ada akhirnya. Sedang apa yang ada pada sisi Allah, berupa pahala dan ganjaran dalam surga, tidak ada batasnya, tak putus-putus bahkan selama-lamanya.

Maka kepada mereka yang beriman, sabar menghadapi tugas-tugas agama, dan tabah menghadapi penderitaan, Allah pasti memberi ganjaran yang lebih dari apa yang mereka kerjakan. Tuhan menonjolkan sifat sabar atau tabah karena sifat itu merupakan asas dari segala amal perbuatan.

Firman Allah: Apa pun (kenikmatan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup di dunia. Sedangkan apa (kenikmatan) yang ada di sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal. (QS Asy-Syura: 36)

Firman Allah: Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan. (QS Al-Kahf: 46)

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id