Tafsir Tujuh Ayat dan Alquran yang Agung, ini Penjelasannya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Rabu 27 Apr 2022 09:16 WIB

Alquran Foto: Republika/Agung Supriyanto Alquran

Banyak hadis sahih lain yang menerangkan bahwa as-sab'ul-matsani.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Allah SWT berfirman kepada Nabi Muhammad SAW bahwa Allah telah menganugerahkan kepada Rasul-Nya tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Alquran yang agung. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Hijr Ayat 87, dan tafsir ayat ini menjelaskan tentang tujuh ayat dan Alquran yang agung tersebut.

وَلَقَدْ اٰتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِيْ وَالْقُرْاٰنَ الْعَظِيْمَ

Baca Juga

Dan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Alquran yang agung. (QS Al-Hijr: 87)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa Allah telah menurunkan kepada Nabi Muhammad "as-sab'ul matsani" atau tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Alquran yang agung.

Tidak diterangkan dalam ayat ini yang dimaksud dengan "as-sab'ul matsani" dan "Alquran yang agung itu."

Tetapi, ada hadis menerangkan bahwa yang dimaksud dengan as-sab'ul matsani dan Alquran yang agung itu adalah Surah al-Fatihah.

Dari Abi Said Al-Mu'alla ia berkata, "Telah lewat di hadapanku Nabi Muhammad SAW sedang saya dalam sholat, maka dia memanggilku dan aku tidak mendatanginya hingga aku selesai sholat.

Kemudian aku datang kepadanya, kemudian Nabi berkata, "Kenapa engkau tidak datang kepadaku." Aku menjawab, "Aku sedang sholat." Beliau berkata, "Bukanlah Allah telah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman perkenankanlah seruan Allah dan Rasul," kemudian beliau berkata, Ketahuilah! Aku akan mengajarkan kepadamu surah yang paling agung di dalam Alquran, sebelum aku keluar dari mesjid ini."

Maka Nabi Muhammad SAW pergi untuk keluar lalu beliau kuingatkan, maka katanya, "Al-hamdu lillahi rabbil-'alamin adalah "as-sab'ul-matsani" dan "Alquran yang agung" yang telah diberikannya kepadaku." (Riwayat Al-Bukhari)

Pada hadis yang lain, Rasulullah SAW bersabda: Ummul-Qur'an itu adalah as-sab'ul-matsani dan Alquran yang Agung. (Riwayat Al-Bukhari)

Banyak hadis sahih lain yang menerangkan bahwa as-sab'ul-matsani dan Alquran yang Agung adalah nama-nama lain dari Surah Al-Fatihah. Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan as-sab'ul matsani dalam ayat di atas adalah as-sab'uth-thiwal (tujuh surah Alquran yang terpanjang ayat-ayatnya), yaitu Surah al-Baqarah, Ali 'Imran, al-Ma'idah, an-Nisa, al-A'raf, al-An'am, dan at-Taubah atau al-Anfal.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id