LAZISNU PBNU dan Bank Mandiri Lepas Peserta Mudik Gratis

Red: Christiyaningsih

Rabu 27 Apr 2022 15:41 WIB

Pelepasan Mudik Gratis dilakukan di depan Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Nomor 164, Jakarta Pusat. Foto: istimewa/doc humas Pelepasan Mudik Gratis dilakukan di depan Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Nomor 164, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - LAZISNU PBNU melakukan Pelepasan Mudik Gratis yang merupakan program kerja sama antara LAZISNU PBNU dengan Bank Mandiri. Pelepasan Mudik Gratis dilakukan di depan Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Nomor 164, Jakarta Pusat.

Ketua LAZISNU PBNU Ali Hasan Al Bahar mengungkapkan mudik gratis ini merupakan wujud kepedulian PBNU untuk membantu meringankan beban para perantau yang ingin merayakan hari raya Idulfitri di kampung halaman. "Menjelang hari raya Idulfitri 1443 H, LAZISNU PBNU bekerja sama dengan Bank Mandiri menyediakan 750 tiket gratis bagi pemudik," kata Habib Ali.

Baca Juga

Selain tiket mudik gratis, peserta juga mendapatkan satu paket bingkisan lebaran dari LAZISNU PBNU. Mudik gratis yang diselenggarakan bersama Bank Mandiri ini adalah bagian dari dua rangkaian program Mudik Gratis dari PBNU. Pertama, keberangkatan pada 25 April 2022 atas kerja sama LTM (Lembaga Takmir Masjid) PBNU bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kedua, mudik gratis yang diadakan LAZISNU PBNU bersama Bank Mandiri, yang diberangkatkan hari ini tanggal 27 April 2022.

Sekretaris LAZISNU PBNU Moesafa mengatakan animo masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti mudik bersama PBNU ini. Panitia pun sudah menyiapkan 15 bus beserta fasilitas kesehatan berupa obat-obatan di dalam bus. Menurut Moesafa, mayoritas peserta mudik gratis kali ini adalah pelajar, santri, dan mahasiswa yang berdomisili di Jabodetabek.

Dirinya berharap program mudik gratis ini dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Dan selamat melakukan perjalanan bagi para pemudik. Semoga sehat dan selamat sampai tujuan, berjumpa dengan keluarga tercinta,” ujar Moesafa.

Untuk diketahui, para peserta mudik gratis ini sudah menerima vaksin booster dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi. Peserta mudik yang belum menerima vaksin booster wajib menyerahkan bukti hasil tes negatif Covid-19.

Bagi calon peserta mudik yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama maka harus menyertakan bukti hasil negatif Covid-19 dari tes Swab PCR. Sementara bagi calon peserta mudik yang sudah mendapatkan dosis vaksin kedua, wajib menyerahkan bukti negatif Covid-19 melalui tes rapid antigen.

Adapun rute perjalanan yang disediakan oleh panitia Mudik Gratis LAZISNU PBNU dan Bank Mandiri, adalah sebagai berikut:

1.Jakarta–Lampung–Palembang

2.Jakarta–Tegal–Purwokerto–Yogyakarta–Solo–Surabaya–Malang

3.Jakarta–Tegal–Pekalongan–Semarang–Surabaya–Malang

4.Jakarta–Ngawi–Ponorogo–Madiun–Kediri

5.Jakarta–Probolinggo–Situbondo–Banyuwangi

6.Jakarta–Bojonegoro–Lamongan–Gresik

7.Jakarta–Semarang–Surakarta–Madura

8.Jakarta–Semarang–Demak–Kudus–Pati–Rembang

9.Jakarta–Purbalingga–Banjarnegara–Kebumen