Naskah Khutbah Jumat: Sabar dan Sholat

Red: Ani Nursalikah

 Selasa 26 Apr 2022 10:46 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sabar dan Sholat. Jamaah melaksanakan shalat di Masjid Babah Alun, Cilandak, Jakarta, Selasa (20/4). Masjid tersebut dibangun oleh Muhammad Jusuf Hamka yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa. Bangunan bernuansa oriental tersebut merupakan hasil akulturasi dari tiga budaya yakni Tionghoa, Arab, dan Betawi, Arab dan Betawi. Hal ini terlihat dari ukiran dan ornamen yang bergaya mandarin ditambah dengan perpaduan warna merah, kuning dan hijau yang membuatnya sekilas tampak seperti kuil atau klenteng. Masjid tersebut menjadi alternatif tempat wisata religi di tengah bulan Ramadhan ini.  Republika/Thoudy Badai Foto:

Inilah kunci menggapai bahagia dunia dan akhirat.

Ma’asyiral Muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah,

Kedua, sholat adalah sebab pertolongan Allah SWT. Menurut Muhammad bin Shalih al ‘Utsaimin, sholat dapat menjadi penolong dalam setiap urusan dunia maupun agama, sebagaimana hadis Nabi SAW:

أَنَّهُ كَانَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرُ فَزَع إِلَى الصَّلاَةِ

“Bahwa Rasulullah SAW apabila mengalami sesuatu masalah serius, beliau segera melakukan sholat,” (HR. Abu Daud, hasan).

Ma’asyiral Muslimin, sidang jum’at Rahimakumullah,

Dalam Syarh Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi, sholat merupakan benteng jitu menghalau perbuatan buruk (keji dan munkar), shalat merupakan hubungan transenden antara hamba dan Allah SWT, sehingga apa yang dikeluhkan hamba, insyallah didengar olah Allah SWT, dan disitulah pertolongan Allah SWT datang.

Menurut al-Qurthubi, dalam menafsirkan surat al-Baqarah ayat 45, bahwa shalat yang utama itu adalah shalat yang dikerjakan dengan menghadirkan hati, bukan hanya sekedar gerakan shalat pada umumnya.

Semoga sabar dan shalat ini bisa menjadi kekuatan motivasi kita untuk menapaki kehidupan dunia ini sesuai dengan arahan Allah SWT dan Rasulullah SAW sehingga orientasi bahagia dunia akhirat bisa kita raih. Aamiin.

Wallahu A’lam bisshawab.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فىِ اْلقُرأنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الاٰيَاتِ وَالذِّكْرَ اْلحَكِيْمِ، وَ تَقَبَّلَ مِنيِّ وَ مِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ الَسمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini