Penampilan Terbaik Muslimah Saat Sholat Ied

Red: Endah Hapsari

 Ahad 01 May 2022 14:05 WIB

Muslimah elegan/ilustrasi:Tata Cara Sholat Ied Muslimah Foto: Antara Muslimah elegan/ilustrasi:Tata Cara Sholat Ied Muslimah

Penampilan Terbaik Muslimah Saat Sholat Ied

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beberapa hal yang disunnahkan oleh Nabi SAW sebelum berangkat menunaikan shalat Ied. Pertama, memakan beberapa buah kurma dalam jumlah ganjil. Budairah ra berkata, bahwa Rasulullah selalu makan pagi dengan kurma sebelum berangkat shalat Ied.

Kedua, umat disunnahkan berangkat pagi-pagi agar bisa mendapatkan tempat yang dekat dengan imam. Selain itu, ''Dia juga akan mendapatkan keutamaan menunggu shalat,'' tegas Saleh al Fauzan. Dengan begitu, pahala yang diperoleh akan semakin besar. Adapun yang ketiga, dan ini penting diperhatikan, adalah umat dianjurkan untuk mandi, berdandan dan berhias diri dengan berpakaian yang terbaik.

Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Umar ra, Nabi SAW selalu memakai bajunya yang paling baik, termasuk serban buatan Yaman yang indah. Ibnu Qayyim menambahkan Rasulullah memiliki sepasang pakaian yang khusus dikenakan untuk shalat dua hari raya dan shalat Jumat.

Selain itu, Nabi pun memakai minyak wangi yang paling harum. Inti dari anjuran tersebut seperti disampaikan Sayyid Sabiq, adalah supaya saat shalat Ied nanti umat dapat memperbaiki penampilannya.

Apakah ketentuan yang sama berlaku untuk Muslimah? Beberapa sumber rujukan memang tidak menegaskan adanya perbedaan antara lelaki dan perempuan dalam hal berpenampilan terbaik ini, akan tetapi Syekh Muhammad bin Salih Utsaimin mengingatkan agar kaum Muslimah tetap memerhatikan adab ketika keluar rumah.

Maka itu menurutnya, kaum Muslimah hendaknya pergi ke suatu tempat shalat Ied tanpa bersolek berlebihan, tanpa memakai wangi-wangian, dan tidak menampakkan auratnya. Dia mendasarkan pendapatnya pada ketentuan umum fikih bahwa kaum Muslimah diperintahkan menutup tubuhnya, tidak memamerkan perhiasannya, dan tidak memakai wewangian saat keluar rumah. 

Sabda Rasulullah SAW, ''Hendaklah mereka (para Muslimah) keluar untuk shalat Ied tanpa memakai wangi-wangian dan menjauhi laki-laki.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini