Senin 22 Jul 2024 06:02 WIB

Perubahan Bentuk Gunung Gede Saat Hari Kiamat Diungkap Alquran?

Gunung Gede akan terdampak dari peristiwa hari kiamat.

 Gunung Gede akan terdampak dari peristiwa hari kiamat. Foto:  Puncak Gunung Gede
Foto:

Syekh Mahir Ahmad Ash Shufi dalam bukunya Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Besar menjelaskan, ketika kiamat terjadi bumi menjadi tanah yang betul-betul datar. Sehingga tidak akan terlihat lagi tempat yang rendah dan yang tinggi.

Kondisi ini dijelaskan Allah SWT dalam Alquran:

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْجِبَالِ فَقُلْ يَنسِفُهَا رَبِّى نَسْفًا

فَيَذَرُهَا قَاعًا صَفْصَفًا

لَّا تَرَىٰ فِيهَا عِوَجًا وَلَآ أَمْتًا

Artinya: "Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: "Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya. Maka Dia akan menjadikan (bekas) gunung-gunung itu datar sama sekali. Tidak ada sedikitpun kamu lihat padanya tempat yang rendah dan yang tinggi-tinggi." (QS. Thaha: 105-107).

Semua gambaran inilah fenomena gunung ketika kiamat terjadi. Semua itu dimaksudkan agar bumi dapat diratakan setelah ia memuntahkan benda-benda yang ada di dalamnya. Kondisi ini terjadi sebagai bagian dari perintah dari Allah SWT seperti yang dijelaskan Alquran berikut:

وَإِذَا ٱلْأَرْضُ مُدَّتْ

وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ

وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ

Artinya: "Dan apabila bumi diratakan. Dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong. Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya)." (QS. Al Insyiqaq: 3-5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement