Jumat 07 Jun 2024 05:17 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ibadah Haji Sebagai Momentum Persatuan

Ibadah haji momentum bagi kita semua untuk melihat betapa indahnya persatuan.

Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari SUB 45, di hari terakhir pendorongan dari Madinah ke Makkah, Sabtu (1/6/2024).
Foto:

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati oleh Allah

Persatuan merupakan salah satu nilai utama dalam ajaran Islam dan harus kita upayakan bersama. Ajaran Islam mendorong kita semua untuk bersatu dan saling mendukung dalam hal-hal kebaikan. Persatuan dalam Islam pun tidak hanya terbatas pada hubungan antar sesama muslim, namun juga meluas kepada semua umat manusia.

Al-Qur’an mengajarkan pentingnya persatuan ini dalam surat Ali ‘Imran, Allah swt berfirman:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Artinya, “Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara.” (QS Ali ‘Imran [3]: 103).

Pentingnya persatuan tidak bisa kita abaikan. Persatuan merupakan fondasi yang kuat untuk meraih kemajuan, stabilitas, dan kesejahteraan kita bersama. Ketika masing-masing dari kita yang memiliki latar belakang berbeda dan keyakinan yang beragam bisa bersatu, hal ini akan menciptakan kekuatan yang luar biasa, dan mampu mengatasi berbagai tantangan serta memperkuat hubungan antar manusia.

Berkaitan dengan pentingnya persatuan ini, mari kita bersama-sama melihat umat Islam ketika menunaikan ibadah haji. Ibadah haji merupakan momentum bagi kita semua untuk melihat betapa indahnya persatuan.

Meski berbeda suku, bangsa, ras, pemahaman dan hal-hal lainnya, namun mereka semua tetap bersatu. Mereka melakukan ibadah di tempat yang sama, tujuan yang sama serta ritual yang juga sama.

Baca di halaman selanjutnya...

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-ibadah-haji-sebagai-momentum-persatuan-iutfX
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement