Sabtu 25 May 2024 15:50 WIB

Mengenal Surah-Surah Makkiyah dan Madaniyah

Salah satu ciri surah-surah Madaniyah berbicara kepada orang Mukmin.

Alquran.
Foto:

Ini seringkali terkait dengan situasi di lapangan. Sementara prinsip-prinsip umum tetap sama secara keseluruhan, cara penerapan prinsip-prinsip tersebut mungkin berubah dan kita perlu melihat dan mengenali perubahan ini. Ini adalah kunci untuk memahami dan membuka makna Al-Quran. Maka bagaimana caranya membedakan keseluruhan surah dan ayat tertentu secara sekilas, apakah itu Makkiyah atau Madaniyah, apakah itu pada fase awal atau fase akhir?

Berikut adalah beberapa panduan kasar. Pada periode awal, bacaannya lebih puitis, pendek, bersajak, dan kita bisa menemukan ritmenya.

Anda bisa mengambil beberapa contoh ayat, misalnya surah Al-Ikhlas. Surah ini pendek yang terdiri dari empat ayat dan ayat-ayatnya yang juga pendek dan bersajak.

Anda mendengar bunyi ‘d’ di akhir setiap ayat—ahad, ash-shamad, yalid, yulad dan ahad. Anda mendengar rima ini terus-menerus yang diakhiri dengan bunyi ‘d’ dan dengan bacaan yang sangat pendek. Itu adalah ciri khas surah Makkiyah.

Tentu saja tidak selalu seperti ini, seperti yang berlaku pada surah Al-Nashr, yang hanya terdiri dari tiga ayat dan ayat-ayatnya juga bersajak. Surah ini terdengar seperti surah Makkiyah, padahal tafsir menunjukkan bahwa ini adalah surah Madaniyah.

Secara umum, kita dapat dengan cepat mengenali surah Makkiyah dari pendeknya, sajaknya, tetapi juga tema yang dibahas. Kita akan lebih mudah memahami hal itu ketika kita membahas surah Madaniyah karena kita akan menemukan tema-tema khusus di sana.

Surah Madaniyah membahas secara rinci tentang pelbagai peraturan seperti puasa, rincian tentang pelaksanaan haji, tata cara melakukan jihad, pembelaan ketika musuh menyerang Anda, dan sebagainya. Jadi semua ini adalah ciri khas surah Madaniyah karena berbicara tentang situasi yang tidak ada ketika Muslim berada di fase Makkah sebelum hijrah Nabi.

Baca di halaman selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/mengenal-surah-surah-makkiyah-dan-madaniyah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement