Kamis 23 May 2024 18:30 WIB

Surat dalam Alquran Ini Kelak Jadi Syafaat, Dianjurkan Membacanya Sebelum Tidur

Surat Al Mulk adalah salah satu surat dalam Alquran yang memiliki keistimewaan khusus

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ratusan peserta itikaf mendirikan tenda untuk mengikuti itikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Habiburrahman PTDI, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (31/3/2024). Dalam kegiatan untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar ini, peserta melaksanakan berbagai kegiatan ibadah khususnya membaca Alquran. Acara berlangsung dari 31 Maret hingga 9 April 2024.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ratusan peserta itikaf mendirikan tenda untuk mengikuti itikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Habiburrahman PTDI, Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (31/3/2024). Dalam kegiatan untuk meraih keutamaan malam lailatul qadar ini, peserta melaksanakan berbagai kegiatan ibadah khususnya membaca Alquran. Acara berlangsung dari 31 Maret hingga 9 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Surat Al Mulk adalah salah satu surat dalam Alquran yang memiliki keistimewaan khusus, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Surat ini terdiri dari 30 ayat dan dikenal dengan berbagai manfaat dan keutamaan bagi mereka yang membacanya dengan tekun.

Dalam penjelasan dari Dar Al Ifta Mesir, dinyatakan bahwa seorang Muslim yang membaca Surat Al Mulk sebelum tidur akan mendapatkan pahala dan kebaikan yang berlimpah. Keutamaan ini tidak hanya terbatas pada pahala, tetapi juga mencakup perlindungan dan keberkahan dalam hidupnya. Keutamaan tersebut menjadikan Surat Al Mulk sebagai amalan yang sangat dianjurkan untuk dijadikan rutinitas harian, terutama sebelum tidur.

Baca Juga

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك الذي بيده الملك». وفي رواية أبي داود: «تشفع». [رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه وأحمد]

 

"Sesungguhnya dalam Alquran itu ada surat dengan 30 ayat yang menjadi syafaat (penolong) bagi seseorang sampai dia mendapatkan ampunan. Itulah Surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Adapun dalam hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat ini. Salah satu surat tersebut adalah Al Mulk.

عن جابر «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (Sura As-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR At-Tirmidzi)

Diriwayatkan pula dari Abdullah bin Mas'ud RA, dia berkata:

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Maani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapapun yang membacanya pada setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya." (HR An-Nasa'i)

Dalam Al Mawsu'ah Al-Qur'aniyah Khasais Al Suur karya Jafar Syarf Al Din, disebutkan rahasia di balik Surat Al Mulk.

Pertama, mengapa surat ini istimewa, adalah karena surat tersebut diawali dengan ayat:

"تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ"

Kalimat tersebut merupakan bentuk takzim yang luar biasa kepada Allah SWT. Ini juga sebagai gambaran yang mengagungkan dan memuliakan Allah SWT. Allah-lah satu-satunya yang memiliki atas segala sesuatu. Di tangan-Nyalah, kekuasaan itu berada. Kepada-Nyalah, segala sesuatu kembali. Tidak ada yang mustahil bagi Allah.

Allah menjadikan mati dan hidup sebagai cobaan dan ujian bagi hamba-hamba-Nya, agar Dia mengetahui siapa pelaku kebaikan di antara orang-orang zalim. Jika Dia menguji seseorang dengan semuanya itu, maka Dia menerima taubat dari hamba-Nya.

Kedua, Surat Al Mulk berisi renungan atas ciptaan Allah SWT. Ayat-ayat dalam Surat Al Mulk menekankan perlunya merenungkan ciptaan Allah SWT dan kesempurnaan karya Allah dalam menciptakan langit dan bintang-bintang tanpa membuatnya jatuh.

Juga pada penciptaan burung-burung dan kemampuannya untuk terbang tanpa terjatuh dan Dia menjaga mereka dengan rahmat-Nya. Merenungkan ayat-ayat dalam Surat Al Mulk sudah cukup untuk mencapai keimanan kepada Allah SWT. Inilah salah satu pengaruh besar Surat Al Mulk bagi pembacanya.

Sumber:

https://mawdoo3.com/%D9%81%D9%88%D8%A7%D8%A6%D8%AF_%D8%B3%D9%88%D8%B1%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D9%85%D9%84%D9%83

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement