Sabtu 06 Apr 2024 22:57 WIB

Khutbah Idul Fitri 1445 H: Momentum Peningkatan Ketakwaan Setelah Ramadhan 

Idul Fitri merupakan momentum memperkuat kesalehan seusai berpuasa Ramadhan

Suasana pelaksanaan sholat Idul Fitri (ilustrasi). Idul Fitri merupakan momentum memperkuat kesalehan seusai berpuasa Ramadhan
Foto:

Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia… 

Empat karakter tersebut merupakan penjelasan al-Quran tentang tanda-tanda ketakwaan. Siapa orang yang mampu menjadikannya sebagai karakter diri, dan diwujudkan dalam kehidupan keseharian, maka orang tersebut disebut orang bertakwa.

Puasa  Ramadhan disebutkan oleh Alquran tujuannya ialah agar orang yang menjalankan puasa menjadi orang bertakwa, yang artinya memiliki empat karakter tersebut. Saat ini kita telah berada di hari raya iedul fitri. Artinya kita telah menjalankan puasa selama bulan Ramadhan. Pertanyaannya apakah kita telah menjadi orang bertakwa, yaitu orang yang memiliki empat karakter di atas?

Dalam kesempatan yang baik ini, di hari yang fitri ini, saya mengajak kita semua untuk berusaha keras dengan sekuat tenaga untuk menjalankan empat karakter tersebut di kehidupan keseharian kita.

Hari-hari kita selepas Ramadhan kita upayakan untuk terus dihiasi dengan karakter terpuji (al-akhlak al-mahmudah) tersebut sehingga kita pantas disebut dengan orang yang bertakwa. Dan itu artinya puasa yang telah kita jalani selama Ramadhan telah mencapai tujuannya, sebagaimana disebut oleh Alquran al-karim.

بارك الله لي ولكم وتقبل الله صيامنا وصيامكم وجعلنا وإياكم من العائدين والفائزين والمقبولين والحمد لله رب العالمين. 

KHUTBAH KEDUA

اللهُ أَكْبَرُ، (x7 ) لاَ إلِهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ.

اَلْحَمْدُ  لِلَّهِ حَمْدًا  كَثِيْرًا  كَمَا  أَمَرْ.  أَشْهَدُ  أَنْ  لاَ  إِلَهَ  إِلاَّ  اللهُ  وَحْدَهُ  لاَ  شَرِيْكَ  لَهُ إِرْغَاماً  لِمَنْ  جَحَدَ  بِهِ  وَكَفَرْ.  وَأَشْهَدُ  أَنَّ  سَيِّدَنَا  مُحَمَّداً  عَبْدُهُ  وَرَسُوْلُهُ  سَيِّدُ  الخَلاَئِقِ  وَالْبَشَرْ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الْمَحْشَرْ.  

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ! اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. فَقَالَ  اللهُ  تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمْ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنْ، وَعَلَيْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنْ.

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.

اَللّهُمَّ انْصُرِ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْفَاجِرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. آمِيْنَ يَا مُجِيْبَ السَّائِلِيْنَ. 

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، والحمد لله رب العالمين. 

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement