Selasa 19 Mar 2024 06:30 WIB

Tafsir Ayat Tentang Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar diyakini terjadi pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar
Foto: Republika/mgrol101
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan terdapat banyak amalan – amalan baik yang harus dilakukan demi mengharapkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Bulan Ramadhan juga identik dengan malam Lailatul Qadar. 

Lailatul Qadar diyakini terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, tepatnya di malam – malam yang ganjil. Malam Lailatul Qadar juga memiliki keutamaan – keutamaan di dalamnya. Seperti yang tertuang pada surat Ad Dukhan ayat 3-4 yang berbunyi,

Baca Juga

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ , فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

 

Arab Latin : Innā anzalnāhu fī lailatim mubārakatin innā kunnā munżirīn(a), Fīhā yufraqu kullu amrin ḥakīm(in).

Artinya : "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,"

Menurut tafsir tahlili Kemenag, pada ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa ia telah menurunkan Alquran pada malam penuh berkah yang dikenal dengan malam “Lailah Mubārakah” untuk memperingatkan hambanya dan agar mereka takut kepada siksanya dan pada malam itu Allah SWT telah memerinci semua hal yang bermanfaat bagi hambanya di dunia dan di akhirat.

 Allah SWT adalah Tuhan semesta alam yang mengatur langit dan bumi dan yang ada di antara keduanya. Tidak ada yang tersembunyi bagi Allah SWT tentang hal ihwal hambanya, hidup dan mati mereka adalah di tangannya. Dialah Tuhan mereka dan Tuhan nenek moyang mereka, tetapi mereka masih juga ragu setelah kebenaran itu nyata dan jelas.

Pada surat Al Qadr ayat 1-3, Allah SWT berfirman,

 

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ٣

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Allah SWT menurunkan Alquran untuk memberitahukan kepada manusia tentang hal-hal yang bermanfaat untuk diamalkan dan hal-hal yang akan mencelakakan mereka, agar mereka menjauhinya, untuk menjadi hujah bagi Allah SWT atas hambanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement