Kamis 07 Mar 2024 14:14 WIB

Seperti Apa Populasi Umat Penghuni Surga? Ini Hadits dan Penjelasannya

Surga itu tidak dimasuki kecuali oleh jiwa yang beriman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Surga
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Allah SWT memberikan anugerah yang besar dan rahmat-Nya kepada umat Islam di akhirat kelak. Salah satu karunia Allah yang diberikan kepada umat Muslim adalah terkait populasi mereka di surga dibandingkan umat-umat yang lain.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Masud RA, dia berkata:

Baca Juga

- قالَ لنا رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: أما تَرْضَوْنَ أنْ تَكُونُوا رُبُعَ أهْلِ الجَنَّةِ؟ قالَ: فَكَبَّرْنا، ثُمَّ قالَ: أما تَرْضَوْنَ أنْ تَكُونُوا ثُلُثَ أهْلِ الجَنَّةِ؟ قالَ: فَكَبَّرْنا، ثُمَّ قالَ: إنِّي لأَرْجُو أنْ تَكُونُوا شَطْرَ أهْلِ الجَنَّةِ، وسَأُخْبِرُكُمْ عن ذلكَ، ما المُسْلِمُونَ في الكُفّارِ إلَّا كَشَعْرَةٍ بَيْضاءَ في ثَوْرٍ أسْوَدَ، أوْ كَشَعْرَةٍ سَوْداءَ في ثَوْرٍ أبْيَضَ.

Rasulullah SAW bersabda kepada kami, "Apakah kalian rela seandainya menjadi seperempat penduduk Surga?" Kami menjawab, "Ya". Kemudian beliau SAW bersabda, "Apakah kalian rela seandainya menjadi sepertiga penduduk Surga?" Kami menjawab, "Ya".

Kemudian beliau SAW bersabda, "Demi yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya aku berharap agar kalian menjadi separuh dari penduduk Surga. Karena surga itu tidak dimasuki kecuali oleh jiwa yang beriman. Tidaklah keadaan orang-orang Islam yang berada di tengah-tengah orang kafir melainkan seperti sehelai bulu putih pada lembu hitam atau seperti sehelai bulu hitam pada lembu merah." (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain, yang diriwayatkan dari Buraidah bin Al Hasib Al Aslami RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

أهْلُ الجنَّةِ عِشرونَ ومائةُ صفٍّ ثمانونَ منها من هذهِ الأمَّةِ وأربَعونَ من سائرِ الأممِ

"Penghuni surga itu ada sebanyak 120 baris. Sebanyak 80 barisnya dari umat ini, dan 40 baris lainnya dari seluruh umat lainnya." (HR. Tirmidzi)

Hadits tersebut mengisyaratkan bahwa 80 baris dari total 120 baris penghuni surga adalah umat Muslim. Sedangkan 40 baris lainnya berasal dari umat lain. Dengan demikian, keberadaan umat lain di surga hanya setengahnya dari jumlah umat Muslim di surga.

Dapat diketahui pula, jumlah umat Islam yang masuk surga mencapai dua pertiga dari total baris umat yang masuk surga. "Ini adalah bukti bahwa mereka (umat Islam) akan menjadi dua pertiga penghuni surga," demikian kata Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim.

Sungguh ini merupakan suatu kemuliaan yang dianugerahkan Allah SWT kepada umat Islam, karena melebihkan jumlah umat Muslim yang masuk surga dibandingkan umat lainnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement