Selasa 27 Feb 2024 22:06 WIB

Ayat Alquran Ini Jadi Prinsip Berinteraksi dengan Non-Muslim, Berikut Penjelasannya

Islam tidak melarang berinteraksi dengan non-Muslim

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi interaksi dengan non-Muslim. Islam tidak melarang berinteraksi dengan non-Muslim
Foto:

Jadi ada satu prinsip yang perlu diingat dalam hubungan orang-orang Islam dengan orang-orang kafir, yaitu boleh mengadakan hubungan baik, selama pihak yang bukan Islam melakukan yang demikian pula. Hal ini hanya dapat dibuktikan dalam sikap dan perbuatan kedua belah pihak.

Di Indonesia prinsip ini dapat dilakukan, selama tidak ada pihak agama lain bermaksud memurtadkan orang Islam atau menghancurkan Islam dan kaum Muslimin.

Selanjutnya, ayat Alquran yang menjadi prinsip bagi umat Islam dalam menjalin hubungan dengan non-Muslim adalah surat al-Mumtahanah ayat 9, di mana Allah SWT berfirman: 

اِنَّمَا يَنْهٰىكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيْنَ قَاتَلُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ وَاَخْرَجُوْكُمْ مِّنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوْا عَلٰٓى اِخْرَاجِكُمْ اَنْ تَوَلَّوْهُمْۚ وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah hanya melarangmu (berteman akrab) dengan orang-orang yang memerangimu dalam urusan agama,  mengusirmu dari kampung halamanmu, dan membantu (orang lain) dalam mengusirmu. Siapa yang menjadikan mereka sebagai teman akrab, mereka itulah orang-orang yang zalim."

Menukil Tafsir Tahlili Kemenag, dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah SWT hanya melarang kaum Muslimin bertolong-tolongan dengan orang-orang yang menghambat atau menghalangi manusia beribadah di jalan Allah SWT , dan memurtadkan kaum Muslimin sehingga ia berpindah kepada agama lain, yang memerangi, mengusir, dan membantu pengusir kaum Muslimin dari negeri mereka. Dengan orang yang semacam itu, Allah SWT dengan tegas melarang kaum Muslimin untuk berteman dengan mereka.

Baca juga: Alquran Sebut Langit Tercipta Hingga 7 Lapisan, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Di akhir ayat ini, Allah SWT juga mengingatkan kaum Muslimin yang menjadikan musuh-musuh mereka sebagai teman dan tolong-menolong dengan mereka, bahwa jika mereka melanggar larangan ini, maka mereka adalahorang-orang yang zalim.

Sedangkan dalam Tafsir Al-Mukhtashar, Imam Masjidil Haram Syekh Shalih bin Abdullah bin Humaid menjelaskan, sesungguhnya Allah SWT hanyalah melarang kalian dari orang-orang yang memerangi kalian karena keimanan kalian dan mengusir kalian dari rumah-rumah kalian dan membantu untuk mengusir kalian, Allah SWT melarang kalian untuk menjadikan mereka sebagai teman setia. 

 

Barangsiapa di antara kalian menjadikan mereka teman setia maka mereka adalah orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri dengan meletakkan dirinya pada sumber-sumber kehancuran disebabkan karena membangkang kepada perintah Allah SWT.

photo
Tiga Orang Non-Muslim yang Dipuji Nabi - (Data Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement