Senin 26 Feb 2024 13:34 WIB

Mahasiswa Unpad Meninggal Tersambar Petir, Ini Ayat-Ayat Alquran Tentang Petir

Menurut Alquran, suara menggelegar itu adalah bacaan tasbihnya dalam memuji Allah.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Hujan Petir
Foto:

Suara menggelegar petir juga dipandang sebagai sikap ketundukan kepada Allah Swt sekaligus mengakui kelemahan dibandingkan kekuasaan Allah. Setiap benda yang bersuara adalah suara tasbih hanya saja manusia tidak mengerti.

Sebagaimana dikatakan Allah dalam firmannya Surah al-Isra' ayat 44:

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمٰوٰتُ السَّبْعُ وَالْاَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّۗ وَاِنْ مِّنْ شَيْءٍ اِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهٖ وَلٰكِنْ لَّا تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْۗ اِنَّهٗ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا

Tusabbiḥu lahus-samāwātus-sab‘u wal-arḍu wa man fīhinn(a), wa im min syai'in illā yusabbiḥu biḥamdihī wa lākil lā tafqahūna tasbīḥahum, innahū kāna ḥalīman gafūrā(n).

Artinya: "Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya senantiasa bertasbih kepada Allah. Tidak ada sesuatu pun, kecuali senantiasa bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."

Dan setiap manusia dianjurkan membaca doa apabila mendengar suara guntur dan halilintar.

Doa Mendengar Petir

اللّٰهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذٰلِكَ

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau membunuh kami dengan kemurkaan-Mu, janganlah Engkau membinasakan kami dengan azab-Mu, dan berilah kesehatan kepada kami sebelum itu."

Ayat lainnya tentang petir...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement