Sabtu 24 Feb 2024 04:21 WIB

Lamanya Sujud Nabi SAW di Malam Nisfu Syaban

Banyak hadits Nabi Muhammad tentang keutamaan malam Nisfu Syaban.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad di malam Nisfu Syaban  (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad di malam Nisfu Syaban (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW di sejumlah riwayat hadits menunjukkan besarnya keutamaan malam Nisfu Syaban. Di malam tersebut, Rasulullah SAW mengerjakan amal ibadah dalam waktu yang lama, sehingga membuat heran istri beliau, Aisyah RA.

Hal tersebut didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA. Berikut bunyi haditsnya:

Baca Juga

عن أم المؤمنين عائشة - رضي الله عنها - قالت: " قَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ اللَّيْلِ يُصَلِّي فَأَطَالَ السُّجُودَ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ قَدْ قُبِضَ، فَلَمَّا رَأَيْتُ ذَلِكَ قُمْتُ حَتَّى حَرَّكْتُ إِبْهَامَهُ فَتَحَرَّكَ، فَرَجَعْتُ، فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُودِ، وَفَرَغَ مِنْ صَلَاتِهِ، قَالَ: " يَا عَائِشَةُ أَوْ يَا حُمَيْرَاءُ ظَنَنْتِ أَنَّ النَّبِيَّ خَاسَ بِكِ؟ "، قُلْتُ: لَا وَاللهِ يَا رَسُولَ اللهِ وَلَكِنِّي ظَنَنْتُ أَنَّكَ قُبِضْتَ لِطُولِ سُجُودِكَ، فَقَالَ: " أَتَدْرِينَ أَيَّ لَيْلَةٍ هَذِهِ؟ "، قُلْتُ: اللهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: "هَذِهِ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَطْلُعُ عَلَى عِبَادِهِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِلْمُسْتَغْفِرِينَ، وَيَرْحَمُ الْمُسْتَرْحِمِينَ، وَيُؤَخِّرُ أَهْلَ الْحِقْدِ كَمَا هُمْ "

Dari Aisyah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW bangun pada suatu malam mendirikan sholat dan sungguh lama sujudnya sehingga aku menyangka beliau telah wafat. Melihat itu, aku bangun untuk menggerakkan ibu jari beliau, dan bergerak. Kemudian aku kembali."

Setelah Rasulullah mengangkat kepala dari sujudnya dan selesai sholat, beliau bertanya, "Wahai Humaira (Aisyah), apakah engkau menyangka Nabi telah mengkhianatimu?"

Lalu Aisyah menjawab, "Tidak, demi Allah Ya Rasulullah. Akan tetapi aku menyangka engkau telah tiada karena terlalu lama sujud." Kemudian Rasulullah bertanya, "Tahukah kamu, malam apa ini?" Aku menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih tahu."

Rasulullah SAW bersabda, "Malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban. Sesungguhnya Allah SWT melihat kepada hamba-hamba-Nya pada malam Nisfu Sya'ban dan memberi ampunan kepada mereka yang memohon ampunan, memberi rahmat kepada mereka yang meminta rahmat dan mengakhirkan mereka yang menyimpan dendam." (HR Al Baihaqi dalam Syu'ab Al Iman)

Hadits lain juga memberitahukan ihwal keutamaan malam Nisfu Syaban. Hadits berikut ini menunjukkan bahwa seorang Muslim punya kesempatan di malam itu untuk senantiasa meningkatkan amal ibadah. Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

«إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها؛ فإن الله ينزل فيها لغروب الشمس إلى السماء الدنيا، فيقول: ألا من مستغفر فأغفر له، ألا مسترزق فأرزقه، ألا مبتلى فأعافيه، ألا كذا، ألا كذا، حتى يطلع الفجر»

"Jika (datang) malam Nishfu Syaban, maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasa pada siangnya. Karena sesungguhnya Allah turun pada saat menjelang terbenam matahari ke langit yang paling terdekat. Lalu Allah menyeru, 'Siapa orang yang beristighfar kepada-Ku maka akan Aku ampuni. Siapa yang meminta rezeki, maka Aku akan memberikan rezeki. Siapa yang sakit, maka akan Aku sembuhkan! Siapa yang begini, siapa yang begini… dan seterusnya, hingga terbit fajar.'" (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement