Rabu 21 Feb 2024 21:12 WIB

Menggerak-gerakkan Jari Ketika Tahiyyat Saat Sholat, Ternyata Begini Status Haditsnya    

Hadits menggerak-gerakkan jari saat tahiyyat sholat bermasalah.

Ilustrasi posisi Tahiyyat sholat, Hadits menggerak-gerakkan jari saat Tahiyyat sholat bermasalah
Foto:

Oleh : Ustadz Dr Yendri Junaidi Lc MA, Ketua Komisi Fatwa MUI Tanah Datar

Rawi-rawi tersebut lebih tsiqah dari Zaidah. Jumlah mereka juga tak sedikit. Ada sekitar sebelas rawi yang satu thabaqah dengan Zaidah tidak menyebutkan kata ‘يحركها’ itu.

Dengan demikian riwayat Zaidah ini adalah syadz karena berbeda dengan riwayat rawi-rawi lain yang lebih tsiqah darinya. Apalagi jumlah mereka cukup banyak. 

Uniknya, di antara yang mengatakan bahwa tambahan ‘يحركها’ ini hanya ada pada riwayat Zaidah adalah Imam Ibnu Khuzaimah sendiri yang menjadi salah satu sumber Syekh Albani dalam menukil hadits ini. Ibnu Khuzaimah setelah meriwayatkan hadits ini berkata:

لَيْسَ فِي شَيْءٍ مِنَ الْأَخْبَارِ «يُحَرِّكُهَا» إِلَّا فِي هَذَا الْخَبَرِ ، زَائِدة ذَكَرَهُ (صحيح ابن خزيمة 1/354)

“Tidak ada dalam riwayat manapun kata ‘menggerakkanya’ kecuali dalam riwayat ini. Zaidah yang menyebutkannya.”

Sekarang mari kita perhatikan penjelasan salah seorang ulama salafi Syekh Syu’aib Al Arnauth:

“Hadits ini meskipun shahih, tapi kalimat ‘فرأيته يحركها يدعو بها’ “aku melihatnya menggerakkannya, berdoa dengannya” merupakan tambahan yang syadz. Hanya terdapat dalam riwayat Zaidah bin Qudamah diantara sahabat-sahabat ‘Ashim bin Kulaib, yaitu: Sufyan bin ‘Uyainah, Khalid Al Wasithi, Qais bin Rabi’, Salam bin Sulaim, Sufyan Ats Tsauri, Syu’bah bin Al Hajjaj, dan lain-lain. Rawi-rawi yang tsabt dan tsiqah dari sahabat ‘Ashim ini tak satu pun menyebutkan ‘menggerakkan’ seperti yang disebutkan oleh Zaidah.”

Kemudian Syekh Syu’aib berkata:

“Sungguh Albani telah sangat keliru dalam bukunya Sifat Shalat Nabi hal 158 ketika ia mengatakan bahwa menggerakkan itu yang asal dan sunnah berdasarkan kata yang syadz yang ada pada riwayat Zaidah ini.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement