Kamis 15 Feb 2024 03:45 WIB

Tafsir An Nisa Ayat 59: Ulama Mengemban Tanggung Jawab untuk Negara

Allah memperingatkan ulama tidak melanggar kebenaran yang mereka ketahui.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi ulama.
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi ulama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk negara. Hal ini telah diisyaratkan dalam Alquran, sebagaimana tercantum dalam Surat An Nisa ayat 59.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (QS. An Nisa ayat 59)

Ulama Tafsir Ibnu Katsir memaparkan, kata 'kamu' dalam frasa 'Ulil Amri di antara kamu' mengacu pada ulama. Hilangnya ulama maka bumi akan rusak dan hancur.

Ulama mengemban tanggung jawab, seperti mengajak orang-orang pada kebaikan, menjauhkan mereka dari kejahatan dan juga memberikan nasihat pada penguasa. Selain itu, ulama juga bertugas menuntun penguasa menjalankan suatu kebaikan demi negara dan rakyat. Posisi penting ulama inilah yang ditunjukkan dalam Surat An Nisa ayat 59.

Ibnu Katsir juga menyampaikan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement