Kamis 08 Feb 2024 06:44 WIB

10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

Alquran dan hadits memuat pesan kesulitan hidup

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa keluar dari kesulitan hidup. Alquran dan hadits memuat pesan kesulitan hidup
Foto:

7. Tawakal

Berikutnya adalah bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT. Segala apapun yang terjadi sejatinya adalah ketetapan Allah SWT, dan ini baik bagi setiap hamba-Nya. Seorang Muslim hanya perlu berikhtiar dan bagaimana hasilnya adalah keputusan Allah SWT.

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (QS. At Talaq ayat 3)

8. Berbakti kepada orang tua

Agar masalah selesai, salah satu caranya adalah dengan berbakti kepada orang tua. Berbuat baik dan meminta doa kepada mereka. Sebab, doa orang tua adalah keselamatan dari kesengsaraan di dunia. Doa orang tua menjadi penghilang rasa derita dan lenyapnya kekhawatiran dan kesedihan. Allah SWT berfirman:

وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ  ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ

"(Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuatbaiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Selain itu, bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat, dan tunaikanlah zakat.” Akan tetapi, kamu berpaling (mengingkarinya), kecuali sebagian kecil darimu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang." (QS Al Baqarah Ayat 83)

9. Jaga amanah dan penuhi hak orang lain

Ada tiga hal dalam poin sembilan ini, yaitu membantu mengatasi masalah orang-orang yang terzalimi, menjaga amanah, dan memenuhi hak-hak orang lain.

Menjaga amanah dan tentunya melaksanakan amanah tersebut, serta menunaikan hak orang lain, akan menghilangkan penghalang antara diri seorang Muslim dan jawaban atas doa yang dipanjatkan. Termasuk juga menyucikan jiwa dari hawa nafsu dunia, apalagi sampai mengejar sesuatu yang bukan haknya.

Para generasi saleh terdahulu hampir selalu memperhatikan hal ini. Mereka merenungi apa saja hak-hak yang mereka miliki, menjaga amanah yang diberikan, dan mengatasi berbagai ketidakadilan yang dialami sebagian orang.

Baca juga: 5 Kunci Agar Rezeki yang Diperoleh Berkah di Dunia Menurut Alquran dan Hadits

10. Jangan berbuat zalim

Siapa yang ingin meringankan masalah kesulitannya, maka jangan menzalimi orang lain. Siapapun itu. Jauhi segala perbuatan zalim dan penindasan. Jangan sampai bersikap tidak adil dan abai terhadap orang-orang lemah.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

اتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللَّهِ حِجَابٌ

"Takutlah engkau dari doa orang-orang yang dizalimi. Karena sesungguhnya tidak ada penutup antara doa mereka dan Allah." (HR. Bukhari)

 

Sumber: al-moslim

photo
Infografis Pesan Nabi Muhammad SAW tentang Masalah Hidup - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement