Jumat 26 Jan 2024 17:15 WIB

Cetak Sejarah di Piala Asia, Jokowi Yakin Prestasi Sepak Bola Lebih Maju

Presiden Jokowi juga memberikan selamat kepada PSSI.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain sepak bola di Lapangan Bola Wae Kesambi, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarat Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (4/12/2023).
Foto: Dok Muchlis Jr - Biro Pers Sekre
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain sepak bola di Lapangan Bola Wae Kesambi, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarat Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada tim nasional Indonesia yang telah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Raihan ini merupakan kali pertama tim Merah Putih lolos dari fase grup Piala Asia sepanjang lima kali keikutsertaan.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar," kata Jokowi dalam keterangannya melalui video di Jakarta, Jumat (26/1/2014).

Jokowi pun meyakini, Indonesia bisa membangun prestasi sepak bola jika serius bekerja keras. "Alhamdulillah, alhamdulillah. Saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras," ujar RI 1.

Dia juga memberikan selamat kepada PSSI. Menurut Jokowi, prestasi timnas Indonesia ini merupakan sejarah bagi sepak bola Indonesia. Jokowi juga berharap, Indonesia bisa menang dalam pertandingan melawan Australia agar bisa lolos ke babak selanjutnya.

"Tentu saja selamat juga untuk PSSI ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia dan kita harapkan nanti dipertandingan besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin," ujar Jokowi.

Timnas Indonesia 'beruntung' lolos ke fase selanjutnya. Timnas pantas berterima kasih kepada Kirgistan. Berkat bantuan negara Asia Tengah tersebut, Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Kepastian Indonesia masuk ke 16 besar terjadi setelah Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1 pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/2024) malam WIB. Gol penyama kedudukan Kirgistan membuat Oman yang berpeluang lolos akhirnya gagal melaju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement