Selasa 16 Jan 2024 17:06 WIB

Adab Saat Emosi dan Marah Sesuai Hadits Nabi

Setiap orang harus mampu menahan marah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi menahan marah.
Foto:

2. Segera Duduk

Jika kalian marah sambil berdiri, maka sebaiknya segera duduk, dan jika kemarahannya sudah hilang, maka hendaklah berbaring. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda: 

"Jika salah seorang dari kalian marah dan dia sedang berdiri maka hendaklah dia duduk. Jika amarahnya belum mereda maka hendak dia mbaringkan dirinya." (HR Abu Daud)  

3. Berwudhu

Marah adalah api dari setan yang berakibat mendidihnya darah dan terbakarnya urat syaraf. Karena, umat Islam juga dianjurkan segera berwudhu ketika marah. Air wudhu akan memadamkan api tersebut dan akan menghilangkan amarah serta gejolak darah.

Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya amarah itu datang dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR Abu Daud No 4784). 

4. Membaca isti'adzah (taawudz)

Ketika emosi atau marah, umat Islam juga dianjurkan membaca isti’adzah. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAWA bersabda, “Jika seseorang dalam keadaan marah, maka ucapkan, ‘a’udzu billah (Aku meminta perlindungan kepada Allah)’, maka redamlah amarahnya.” (HR As-Sahmi No 1376).

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement