Ahad 14 Jan 2024 22:38 WIB

Enam Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah dari Sisi Kesehatan

Ada nilai kesehatan dari melaksanakan sholat Subuh Berjamaah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan Warga Tasikmalaya Gelar Sholat Subuh Berjamaah
Foto: Dok Istimewa
Ribuan Warga Tasikmalaya Gelar Sholat Subuh Berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Melaksanakan sholat tepat waktu di masjid adalah wujud keimanan seorang Muslim. Termasuk bangun pagi untuk menunaikan sholat Subuh berjamaah di masjid. Namun masalahnya, sering kali seseorang terlelap dalam tidurnya hingga meninggalkan sholat Subuh.

Padahal di balik sholat Subuh terdapat khasiat dan keutamaan. Allah SWT menganugerahkan keutamaan yang besar pada sholat Subuh di antara sholat-sholat lainnya. Allah mengganjar pahala yang lebih besar pada sholat Subuh dibandingkan sholat-sholat lainnya. Ini karena membutuhkan tekad yang lebih kuat untuk bisa bangun dari tidur lelapnya, terlebih di saat langit masih gelap.

Baca Juga

Di samping itu, sejatinya sholat Subuh berjamaah di masjid ternyata memiliki manfaat yang besar bagi jiwa dan tubuh ini. Sholat subuh tepat waktu akan meningkatkan semangat, merilekskan jiwa, dan menjauhkan seseorang dari kesulitan, kecemasan, dan kemalasan.

1. Jadi Semangat Beraktivitas

Nabi Muhammad SAW telah bersabda terkait hal tersebut, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, sebagai berikut:

[يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ مَكَانَهَا: عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ، وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ](متفق عليه).

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan. Setan mengikatnya sedemikian rupa sehingga setiap ikatan diletakkan pada tempatnya lalu (dikatakan) 'Kamu akan melewati malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.' Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu maka lepaslah tali yang lainnya. Dan bila dia mendirikan shalat, lepaslah seluruh tali ikatan. Dan pada pagi harinya, dia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan seperti itu, maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktifitas." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Memperkuat Tubuh dan Daya Pikir

Melaksanakan sholat subuh tepat waktu akan membuat seseorang memperoleh daya pikir yang cemerlang dan kekuatan pada otot tubuhnya. Sebab seperti diketahui, persentase gas ozon tertinggi terdapat di atmosfer di waktu Subuh. Gas ini mempunyai efek menguntungkan yang baik pada sistem saraf dan meningkatkan kekuatan daya pikir dan tubuh seseorang.

3. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Bangun pagi berarti memangkas waktu tidur panjang. Sedangkan seseorang yang tidur dalam waktu yang panjang dan berjam-jam, akan mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

4. Menyehatkan Kulit

Bangun pagi untuk melaksanakan sholat Subuh juga ternyata dapat menyehatkan kulit. Mengapa demikian? Efek warna merah saat matahari terbit memang terkenal memiliki manfaat yang besar bagi saraf, tak lupa juga dengan adanya sinar ultraviolet yang berfungsi menghasilkan vitamin D pada kulit.

5. Memasok Energi untuk Tubuh

Melaksanakan sholat Subuh tepat waktu juga akan memasok energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kortison adalah salah satu zat ajaib yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Adapun tingkat kortison tertinggi dalam darah terjadi di pagi hari.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Dengan melakukan sholat Subuh tepat waktu, maka akan membantu merangsang otot jantung. Tidak hanya itu, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Sumber:

https://mawdoo3.com/%D9%81%D9%88%D8%A7%D8%A6%D8%AF_%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%AC%D8%B1

https://www.islamweb.net/ar/article/231745/%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%AC%D8%B1-%D9%81%D8%B6%D8%A7%D8%A6%D9%84-%D9%88%D9%85%D9%86%D8%A7%D9%81%D8%B9

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement