Ahad 14 Jan 2024 01:01 WIB

Jangan Tinggalkan Ayat Kursi, Ini Keutamaannya

Ayat kursi dianjurkan dibaca pada setelah sholat, pada pagi, sore, dan sebelum tidur.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat Kursi adalah ayat paling agung dalam Alquran

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Ubay bin Ka'ab, bahwa Rasulullah saw pernah bertanya, 'Apakah kau tahu, ayat manakah yang paling agung dalam Kitab Allah?" Ubay menjawab, 'Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.' Rasul menjawab, 'Alloohu laa ilaa ha illaa huwal hayyul goyyuum. ' Lalu, beliau menepuk dadaku dan berkata, 'Semoga kau bahagia dengan ilmu yang kau miliki."

2. Ayat kursi merupakan salah satu bacaan zikir yang perlu kita lafazkan sebelum tidur agar terhindar dari gangguan setan dan sejenisnya. Disebutkan dalam sebuah riwayat Bukhari bahwa Rasulullah saw bersabda, "Apabila kau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi. "

3. Membaca Ayat Kursi adalah salah satu sebab melenggang ke surga Allah SWT. Dijelaskan dalam sebuah hadits, "Siapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian."

4. Jika kita membaca Ayat Kursi secara istiqamah, kita akan dilindungi dari segala macam marabahaya, yang tampak atau yang tidak tampak. Disebutkan dalam hadits lainnya yang artinya, "Bacalah Ayat Kursi, ayat itu akan melindungimu dan keturunanmu, melindungi kediamanmu dan bahkan melindungi rumah-rumah yang bersebelahan di sekitarmu. Membaca Ayat Ki unsi akan membuat terlindungi dari gangguan makhluk jin pada waktu pagi dan sore hari. Allah akan selalu melindungmu jika kau membacanya pada saat mendatangi tempat tidurmu dan setan tidak akan mendekatimu hingga esok pagi."

BACA JUGA: Surat At Talaq Ayat 2: Ayat Alquran Kunci Mengatasi Masalah Hidup

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement