Ahad 07 Jan 2024 13:45 WIB

13 Fakta tentang Zulkifli yang Disebutkan dalam Alquran, Apakah Juga Seorang Nabi?

Sosok Zulkifli adalah ulama menurut pendapat ulama

Alquran (ilustrasi). Sosok Zulkifli adalah ulama menurut pendapat ulama
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi). Sosok Zulkifli adalah ulama menurut pendapat ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat ribuan nabi yang mengemban risalah tauhid, mengesakan dan menyembah Allah SWT. Di antara jumlah tersebut, yang wajib diketahui hanya 25 nabi. Di antara Nabi yang mengemban misi kenabian tersebut adalah Nabi Zulkifli alaihissalam. 

Sejatinya, tidak banyak kisah sejarah Nabi Zulkifli yang dituliskan dalam Alquran. Berikut ini sejumlah fakta yang dirangkum Republika.co.id, seputar Nabi Zulkifli: 

Baca Juga

1. Tercatat, hanya dua ayat yang terkait namanya, yakni pada surat Al Anbiyaa dan surat Shad.

إِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ “Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (QS al-Anbiya 85). 

   وَاذْكُرْ إِسْمَاعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ وَكُلٌّ مِنَ الْأَخْيَارِ “Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.” (Shad 48)

2. Al Hafizh Ibn Katsir dalam kitabnya yang telah diterjemahkan menjadi Kisah Para Nabi dan Rasul, menempatkan Zulkifli pada urutan ke-12. Dia berada di bawah Nabi Ayyub, yang dikatakan adalah ayah dari Zulkifli.

3. Meski demikian, masih ada silang pendapat di kalangan ulama terhadap status kenabian Zulkifli. Seperti diungkapkan Ibn Jarir dan Ibn Najih meriwayatkan dari Mujahid, ia bukanlah seorang nabi, melainkan seorang yang saleh dan hakim yang adil.

Begitu pula, pandangan Muhammad bin Jarir al Tabari. Ia menganggap Zulkifli adalah orang baik dan sabar yang selalu menolong kaumnya dan membela kebenaran, namun bukan seorang nabi.

Akan tetapi, sebagian ulama dan fukaha berpegang pada penjelasan Alquran akan Zulkifli. Ibn Katsir menyatakan, sanjungan Alquran kepada Zulkifli bersamaan dengan para nabi yang lain. ''Hal ini menunjukkan bahwa ia adalah seorang nabi,'' kata Ibn Katsir.

Menurut versi lain, ia nabi bagi penduduk Suriah dan sekitarnya. Ia juga membangun Kota Kifl di Irak.

4. Lantas, siapakah Zulkifli? Sebagian besar literatur sejarah mengukuhkan pendapat Ibn Katsir bahwa dia adalah putra dari Nabi Ayyub. Ibunya bernama Rahmah.

Baca juga: Suka Bangun Malam Hari Kemudian Ingin Tidur Lagi, Baca Doa Rasulullah SAW Ini

 

5. Nama asli Zulkifli adalah Basyar. Basyar-lah satu-satunya yang selamat dari reruntuhan rumah yang menewaskan semua anak Nabi Ayyub.

6. Dia mewarisi sifat mulia ayahnya, yakni sabar, adil, dan teguh dalam pendirian.

وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ وَأَدْخَلْنَاهُمْ فِي رَحْمَتِنَا ۖ إِنَّهُمْ مِنَ الصَّالِحِينَ

  ''Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami.'' (QS An Anbiyaa: 85-86).

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement