Ahad 31 Dec 2023 01:05 WIB

Surat Al Waqiah Artinya Hari Kiamat, Mengapa Jadi Amalan Pembuka Pintu Rezeki?

Keutamaan dari Surat Al Waqiah adalah menarik rezeki.

Rep: Rahmat Fajar/Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Membaca alquran (ilustrasi)
Foto:

Abdullah: "Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan atas anak-anakku? Sesungguhnya saya memerintahkan mereka membaca Surat al-Waqiah setiap malam. Sungguh saya mendengar Rasulullah bersabda: "Barangsiapa membaca Surat al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh pada kemiskinan."

Prof Sahiron mengatakan atas dasar sabda Rasulullah dalam percakapan dua sahabat tersebut, surat Al-Waqiah juga mempunyai keutamaan melapangkan rezeki. Meskipun Al-Waqiah banyak membicarakan tentang Hari Kiamat, namun sebagian ayat-ayatnya berbicara tentang kenikmatan dari Allah SWT.

BACA JUGA: Tidak Tidur Usai Sholat Subuh, Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad Agar Tetap Bugar

"Coba perhatikan ayat 63-76, ayat-ayat tersebut membicarakan bahwa Allah itu sumber kenikmatan dan kebahagiaan," ujar Prof Sahiron kepada Republika.co.id, Kamis (28/12/2023).

Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliki al-Hasani dalam karyanya Abwab al-Farah sebagaimana termuat di Republika.co.id menyebutkan bahwa keutamaan dari Al-Waqiah adalah menarik rezeki. Dan dalam riwayat dari Ibnu Mas’ud yang dinukilkan oleh Abu ‘Ubaidah dalam Fadhail, Ibn ad-Dharis, al-Harits bin Abi Usamah, Abu Ya’la, Ibn Mardawaih, dan al-Baihaqi dalam Sya’b al-Iman menyebutkan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi,

”Barang siapa yang membaca surah al-Waqiah tiap malam, ia tak akan terjangkit kemiskinan selamanya.”

Baca Surat Al Waqiah Arab, Latin, dan Terjemahan di sini

Doa agar rezeki lancar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement