Rabu 27 Dec 2023 01:05 WIB

Benarkah Orang yang Sholat Subuh Disaksikan para Malaikat? Ini Penjelasannya

Sholat subuh menjadi salah satu dari dua waktu sholat yang paling berat dilaksanakan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Warga mengikuti Majelis Semaan Al Quran memperingati 277 Tahun Hadeging Nagari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/12/2023).
Foto:

Jangan tidur usai sholat subuh

Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan umatnya tidur setelah subuh. Pagi adalah waktu yang sangat diberkahi oleh Allah SWT serta dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan berguna.

Dalam HR Ahmad dan Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki." Nabi Muhammad juga mendoakan langsung siapapun yang mau berkegiatan di pagi hari.

Rasulullah SAW bersabda, "Ya Allah berkahilah untuk umatku dalam kegiatan paginya. Dan apabila Rasulullah SAW mengirimkan pasukan, Rasulullah mengirim sejak pagi-pagi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Orang yang tidur setelah sholat subuh sejatinya ia telah menyia-nyiakan waktu pagi yang sangat berlimpah rahmat. Di waktu pagi, Allah SWT membuka keran penghidupan dan rezeki yang luas bagi mereka yang berikhtiar dan bersimpuh.

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho mengatakan Nabi Muhammad SAW mengimbau kepada umat Islam untuk senantiasa menggunakan amalan-amalan sholeh untuk mencari nafkah di pagi hari. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا

“Allahumma baarik li-ummati fi bukuriha.”

Yang artinya, “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement