Senin 25 Dec 2023 16:51 WIB

Israel Kewalahan Melawan Hamas, Ini Janji Allah SWT dalam Alquran untuk Orang Beriman   

Israel mengaku kewalan dalam Perang di Gaza melawan Hamas

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Tentara Israel dengan kendaraan tempur lapis baja mereka berkumpul di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/2023).
Foto:

Jika mereka melakukan hal itu, maka Allah SWT akan memberikan pertolongan pada mereka dan meneguhkan kaki mereka. Artinya hati mereka diberi kesabaran, ketenangan serta keteguhan serta membuat jasad mereka bersabar menghadapi itu, dan memberikan mereka pertolongan untuk mengalahkan musuh-musuh mereka.  

Ini merupakan janji dari Allah Yang Mahamulia dan Mahabenar janjinya, siapa pun yang menolong-Nya dengan perkataan dan perbuatan, maka akan diberi pertolongan oleh Allah SWT serta diberi kemudahan untuk mendapatkan factor-faktor kemenangan seperti keteguhan hati dan lainnya.

Menukil dari An-Nafahat Al-Makkiyah, Syekh Muhammad bin Shalih asy-Syawi mengatakan, Allah SWT menjanjikan hamba-hamba-Nya yang beriman yaitu mereka yang membenarkan Allah SWT dan Rasul-Nya SAW dan beramal dengan segera ketika bertempur dan tawadhu ketika berjihad dan bukan karena dendam dalam menolong agama Allah SWT. 

Allah SWT akan menolong mereka dan memberikan bantuan, dan mengokohkan kaki-kaki mereka, Maka sungguh pertolongan akan datang dengan kekokohan dan kesabaran. 

Sementara itu, Ustadz Marwan Hadidi bin Musa dalam "Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an" menjelaskan, ayat 7 Surat Muhammad ini merupakan perintah Allah SWT kepada kaum mukmin agar mereka menolong agama-Nya, berdakwah kepada-Nya, dan berjihad melawan musuh-musuh-Nya dengan mengharapkan keridhaan-Nya.  

Jika mereka melakukan hal itu, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menolong mereka dan meneguhkan mereka, yakni menguatkan mereka dengan kesabaran , ketenangan, dan keteguhan serta membuat badan mereka dapat bersabar di atasnya serta menolong mereka terhadap musuh mereka.  

Ini adalah janji dari Allah Yang Mahapemurah yang benar janji-Nya, bahwa barang siapa yang menolong agama-Nya baik dengan ucapan maupun perbuatan, maka Dia akan menolongnya, memudahkan sebab-sebab pertolongan, seperti keteguhan dan sebagainya.   

Baca juga: Ketika Dilanda Kesulitan Hidup, Bacalah Dzikir Istimewa Rasulullah SAW Ini

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengakui negaranya menanggung konsekuensi berat akibat pertempuran melawan Hamas di Jalur Gaza. Kendati demikian, Netanyahu kukuh akan melanjutkan peperangan di sana. 

 

“Perang ini menimbulkan konsekuensi yang sangat berat bagi kita. Tapi. kita tidak punya pilihan selain terus berjuang,” kata Netanyahu dalam rapat kabinet membahas situasi di Gaza, Ahad (24/12/2023), dikutip laman Anadolu Agency.   

photo
Israel kembali menggempur Jalur Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata pada Jumat (1/12/2023) pagi. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement