Selasa 12 Dec 2023 20:24 WIB

Pendukung Anies-Muhaimin Selalu Teriak 'Amin' Saat Debat Berlangsung

Debat capres pada malam ini bertema hukum, HAM, pemerintahan, korupsi, dan demokrasi.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara saat menyampaikan visi misi saat debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara saat menyampaikan visi misi saat debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik. Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin (Amin) selalu meneriakkan kata "amin" saat Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membuka gelaran debat perdana antarcapres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. Hasyim awalnya mengatakan bahwa pihaknya berharap para capres menyampaikan visi-misi yang dapat meyakinkan pemilih.

Pernyataan Hasyim itu sontak disambut teriakan "amin" yang disampaikan secara bersama-sama oleh pendukung Anies-Muhaimin yang hadir di lokasi debat. Mereka kembali meneriakkan "amin" ketika Hasyim berharap seluruh masyarakat menyaksikan dan menyimak gelaran debat.

Baca Juga

Teriakan "amin" kembali bergemuruh usai Hasyim menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta melaksanakan acara debat. Total lima kali pendukung Anies-Muhaimin meneriakkan kata "amin" saat Hasyim menyampaikan sambutan. Mereka mulai diam saat Anies dan dua capres lainnya menyampaikan visi-misi.

Debat perdana antarcapres ini digelar di Kantor KPU RI pada Selasa mulai pukul 19.00 WIB. Ajang adu gagasan ini mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres mereka masing-masing ikut hadir sebagai pendamping, tapi tak boleh ikut berbicara.

 

Teman debat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat terdiri atas enam segmen, yang empat di antaranya merupakan ruang bagi capres untuk saling sanggah .

Moderator debat adalah dua jurnalis TVRI, Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. Ajang adu gagasan itu ditanyakan secara live di TVRI dan RRI. Enam segmen debat akan berlangsung selama 120 menit dan ditambah durasi iklan selama 30 menit.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement