Selasa 12 Dec 2023 12:42 WIB

Berikut Daftar Panelis Debat Capres Malam Ini

KPU telah menetapkan 11 nama tim panelis dan dua moderator.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua KPU RI Hasyim Asyari.
Foto: Republiika/Febryan A
Ketua KPU RI Hasyim Asyari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debat antarcalon presiden 2024 digelar perdana di kantor KPU RI, Jakarta, digelar Selasa (12/12/2023) malam ini. Dalam debat perdana bertema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga ini, para capres akan diberi kesempatan memberi pemaparan visi-misi serta menjawab pertanyaan yang telah disusun tim panelis.

Pada debat capres perdana kali ini, KPU telah menetapkan 11 nama tim panelis dan dua moderator. Dua moderator adalah Ardianto Wijaya dan Velerina Daniel yang merupakan jurnalis TVRI.

Baca Juga

Sementara, 11 tim panelis, di antaranya Mada Sukmajati (pakar ilmu Ppolitik UGM), Rudi Rohi (pakar ilmu politik Undana), Lita Tyesta ALW (ahli Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro), Khairul Fahmi (pakar hukum Universitas Andalas), Agus Riewanto (pakar hukum tata negara UNS). 

Kemudian ada Susi Dwi Harijanti (pakar tata hukum negara Universitas Padjadjaran), Bayu Dwi Anggono (guru besar Universitas Jember), Ahmad Taufan Damanik (ketua Komnas HAM 2017-2020). Lalu, ada Phil Al Makin (guru besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah), serta Wawan Mas’udi (dekan Fisipol UGM).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, dalam debat yang terdiri atas enam segmen dan durasi 120 menit ini, diawali dengan pemaparan visi-misi paslon sesuai tema.

"Sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing  diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, program sesuai dengan tema. Tema  pemerintahan, pemberantasan  korupsi, HAM, pelayanan publik dan lain-lain ya. Pada kesempatan itu menyampaikan visi, misi, program terlebih dahulu dalam durasi yang ditentukan," ujar Hasyim.

Selanjutkan, segmen kedua hingga kelima merupakan sesi pendalaman visi-misi, program kerja, menjawab pertanyaan panelis yang disampaikan moderator, tanggapan capres lain, dan tanggapan balik. Kemudian segmen keenam sebagai sesi pernyataan penutup.

Hasyim memastikan, pertanyaan pendalaman kepada paslon telah disusun oleh tim panelis. Pertanyaan tersebut sesuai dengan tema debat, yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

"Nah, segmen ke-2, segmen  ke-3, segmen ke-4, segmen ke-5, semuanya modelnya interaksi antar calon dengan  pertanyaan yang diajukan atau disiapkan oleh panelis," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hasyim juga memastikan para capres bisa saling sanggah dalam debat perdana Pilpres 2024 bahkan lebih banyak dibandingkan pilpres sebelumnya.

"Kami pastikan di dalam rundown (debat) itu justru kesempatan antarcalon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat pemilu 2024 ini lebih banyak," kata Hasyim.

Debat calon presiden 2024 akan digelar perdana pada Selasa (12/12/2023) malam ini di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta. Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara live di TVRI dan RRI.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement