Jumat 08 Dec 2023 15:31 WIB

Israel Sebar Selebaran Berisi Kutipan Surat Al Ankabut, Pakar Tafsir Jelaskan Hukumnya

Penggunaan ayat Alquran oleh Israel itu memicu kemarahan umat Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina membawa seorang anak yang tewas dalam pengeboman Israel di Rafah, Jalur Gaza.
Foto:

“Ini bisa dipahami sebagai bentuk olokan terhadap kitab suci umat Islam dan dijadikan sebagai tanda gerakan selanjutnya pasukan Israel memerangi Gaza. Pasukan Israel merasa terzalimi, sedangkan warga Gaza dan Hamas dianggapnya zalim. Bisa saja muncul kesan lain bahwa di satu sisi mereka yang menghambur-hamburkannya itu secara tidak langsung mengakui kebenaran isi kandungan Alquran,” kata Kiai Syahrullah kepada Republika.co.id pada Jumat (8/12/2023).

Kiai Syahrullah menjelaskan sebenarnya surat Al Ankabut ayat 14 berbicara tentang nabi Nuh alaihissalam yang diutus kepada kaumnya yang bermukim bersamanya selama 950 tahun setelah diutus menjadi rasul. Dalam waktu yang lama itu, nabi Nuh mendakwahi kaumnya agar tidak menyekutukan Allah ta'ala dengan suatu apapun dan menjalankan segala perintahNya. Namun demikian, kaum nabi Nuh membangkang hingga Allah menimpakan pada mereka azab berupa banjir bandang.

“Intinya, dalam waktu yang sangat lama itu, Nabi Nuh pun berulang kali berdakwah dengan berbagai cara, tetapi mereka membangkang dan durhaka. Kemudian banjir besar menenggelamkan kaum Nabi Nuh tersebut,” katanya.

photo
Israel kembali menggempur Jalur Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata pada Jumat (1/12/2023) pagi. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement