Jumat 08 Dec 2023 15:31 WIB

Israel Sebar Selebaran Berisi Kutipan Surat Al Ankabut, Pakar Tafsir Jelaskan Hukumnya

Penggunaan ayat Alquran oleh Israel itu memicu kemarahan umat Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina membawa seorang anak yang tewas dalam pengeboman Israel di Rafah, Jalur Gaza.
Foto:

Memang, Israel tengah berencana membanjiri Gaza terutama terowongan-terowongan di kota itu dengan air laut. Hal itu demi membuat pasukan Hamas keluar dari persembunyiannya.

Melalui selebaran berisi petikan ayat Al Ankabut ayat 14 itu, Israel seolah mengancam rakyat Gaza dengan ayat Alquran sekaligus menjadikan ayat Alquran untuk melegitimasi tujuan mereka untuk menghabisi rakyat Gaza.

Lalu, bagaimana hukum menggunakan ayat Alquran untuk melegitimasi melakukan kekerasan seperti yang dilakukan Israel? Dan apa sebenarnya isi dari surat Al Ankabut ayat 14 itu?

Pakar tafsir Alquran yang juga Ketua Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta KH. Syahrullah Iskandar berpendapat bahwa saat ini istilah yang didengungkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah “the force of civilization” dan “the force of barbarism” sebuah dikotomi untuk melegitimasi perang yang tengah dilakoninya.

Kiai Syahrullah mengatakan pada dasarnya menggunakan ayat Alquran harus dalam urusan yang baik, karena Alquran adalah kalam Ilahi yang sakral bagi umat Islam. Oleh karena itu, tidak tepat menjadikan ayat Alquran sebagai alat legitimasi untuk kekerasan. Selain itu, menurut Kiai Syahrullah, tindakan Israel menyebar ayat Alquran dari udara merupakan bentuk olok-olok terhadap Alquran.

Ini bisa dipahami sebagai bentuk olokan terhadap...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement