Kamis 07 Dec 2023 23:41 WIB

Baca Surat Yasin pada Malam Jumat, Ini 5 Keutamaannya yang Melimpah

Surat Yasin mempunyai keutamaan untuk Muslim

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai keutamaan untuk Muslim
Foto: Infografis Republika
Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Yasin pada malam Jumat. Surat Yasin adalah surat yang menempati urutan ke-36 dalam Alqurab. Surat ini terdiri atas 83 ayat, serta termasuk golongan surat Makkiyah, yakni surat yang diturunkan di Makkah. 

Para ulama telah banyak menyampaikan keutamaan membaca surat Yasin. Di antaranya, Allah akan mengampuni orang yang membaca surat Yasin di malam Jumat. 

Baca Juga

مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهُ (أخرجه البيهقى فى شعب الإيمان وضعفه عن أبى هريرة وأخرجه أيضًا : أبو يعلى)

Artinya: “Barang siapa membaca di malam Jumat Surat Hamim ad-Dukhan dan surat Yasin maka Allah mengampuni-nya di pagi hari.”

 

Selain itu, orang yang membaca surat Yasin pada malam Jumat dan malam lainnya akan mendapatkan banyak keutamaan. Setidaknya ada lima keutamaan surat Yasin yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Ini dia..!!

1. Mencegah kehausan di Hari Kiamat

Dalam bukunya yang berjudul "Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an" terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan, salah satu keutamaan mengamalkan surat Yasin secara istiqamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di Hari Kiamat.

2. Mendapat pahala sebanding dengan membaca Alquran 10 kali

Keutamaan surat Yasin yang kedua adalah mendapatkan pahala besar dari Allah sebanding dengan pahala membaca Alquran sampai khatam sebanyak 10 kali. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم 

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس، وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Dari Anas RA Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya Alquran adalah surat Yasin, dan barang siapa yang membaca surat Yasin maka Allah akan memberi pahala seperti pahala membaca Alquran 10 kali.” (HR Imam Tirmidzi dan ad-Darimi).

3. Memperpercepat terkabulnya hajat

Keutamaan surat Yasin yang berikutnya adalah untuk memohon hajat kepada Allah SWT. Caranya dengan membaca surat Yasin sebelum berdoa memohon hajat kepada Allah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan,

مَنْ قَرَأَ يس فِي صَدْرِ النَّهَارِ، قُضِيَتْ حَوَائِجُهُ 

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR Abasy Syaikhi dari Abu Hurairah).

4. Mendapatkan ampunan dan kebajikan di dunia dan akhirat

Keutamaan membaca surat Yasin selanjutnya adalah mendapatkan ampunan dari Allah dan mendapatkan kebajikan di dunia dan akhirat. Sedangkan cara mengamalkannya adalah dengan membacanya minimal satu kali setiap hari secara istikamah.

Baca juga: Dua Surat Alquran Dibuka dengan Kata Tabarak, Ini Rahasianya yang Agung 

 

5. Mempermudah keluarnya Ruh

Keutamaan surat Yasin selanjutnya adalah untuk mempermudah keluarnya ruh. Caranya dengan membaca surat Yasin ketika ada orang yang akan meninggal atau kesulitan dalam sakarul maut. Dalam riwayat dari ulama dijelaskan, “Apabila ada orang yang akan meninggal dunia, kemudian dibacakan surat Yasin, maka Allah akan memudahkan keluarnya ruh.”

photo
Infografis 8 Keutamaan Surat Yasin - (Infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement