Jumat 08 Dec 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ikhtiar Membantu Terwujudnya Perdamaian di Palestina

Bantuan bisa kita wujudkan dalam bentuk materiil maupun moril.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Palestina dan Yaman berkibar di dek kapal kargo Galaxy Leader, yang disita oleh Houthi di lepas pantai pelabuhan Al-Salif di Laut Merah di provinsi Hodeidah, Yaman, Selasa (5/12/2023).
Foto:

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Seperti kita ketahui bersama, saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Di beberapa negara di dunia khususnya di kawasan Timur Tengah dan Palestina masih saja terjadi peperangan yang mengakibatkan krisis kemanusiaan berupa hilangnya ribuan nyawa manusia.

Bukan hanya dari para tentara yang berperang dari kedua belah pihak, namun rakyat sipil mulai dari anak-anak tak berdosa, orang tua, dan wanita ikut menjadi korban akibat perang yang belum kunjung selesai tersebut.

Tentu ini menjadi keprihatinan kita semua dan sudah sangat mendesak bagi semua penduduk dunia untuk menyerukan perdamaian di Palestina.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 10:    اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ   

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah kedua saudaramu (yang bertikai) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu dirahmati.”

Atas nama kemanusiaan dan sebagai sesama umat Islam, kita harus ikut membantu mengatasi krisis kemanusiaan ini dengan kemampuan yang kita dimiliki masing-masing. Bantuan bisa kita wujudkan dalam bentuk materiil maupun moril untuk mengurangi penderitaan yang dialami oleh rakyat Palestina. Bagi yang memiliki harta, bantuan bisa diwujudkan dengan mendonasikan hartanya untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh rakyat Palestina.

Namun perlu diingat, agar bantuan kita sampai dan tepat sasaran, kita harus benar-benar selektif dalam memilih lembaga atau pihak yang kita titipi donasi. Di tengah banyaknya pihak yang menggalang dana, jangan sampai kita salah pilih sehingga niat baik kita malah tidak bisa sampai ke Palestina karena segelintir oknum yang ‘mengkapitalisasi’ krisis kemanusiaan di Palestina untuk kepentingan tertentu. Kita harus bijak dalam berdonasi dengan menyalurkannya ke lembaga resmi yang terpercaya dan telah terdaftar di Pemerintah Indonesia.

Dengan keikhlasan...

sumber : https://nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-ikhtiar-membantu-terwujudnya-perdamaian-di-palestina-60kKe
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement