Kamis 07 Dec 2023 20:03 WIB

Mengucapkan Kalimat Ini Bisa Membuat Seseorang Selamat dari Musibah

Ada banyak hikmah yang diperoleh ketika seorang Muslim sering mengucapkan shalawat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Warga muslim mengikuti barzanji dengan melantunkan shalawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW diiringi rebana saat digelarnya seni Gembrung di Kedondong, Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (28/9/2023). Pagelaran seni Gembrung di wilayah tersebut merupakan tradisi untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Foto:

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya yang akan menyelamatkan kalian dari kengerian dan keadaan di Hari Kiamat kelak adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku selama di dunia."

Atas hadits tersebut, Syekh Alam menyampaikan, jika dengan shalawat bisa membuat seseorang selamat dari kengerian Hari Kiamat, maka berarti shalawat kepada Nabi Muhammad SAW juga dapat menangkal musibah. Karena, itu lebih mudah daripada yang pertama tadi.

Syekh Alam juga menyebutkan shalawat atas Nabi SAW adalah pemberi syafaat bagi makhluk. Dia mengemukakan generasi salaf dan para imam telah menyampaikan bahwa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW itu membawa kebaikan dan mencegah datangnya malapetaka. Para ulama pun berpendapat bahwa shalawat atas Nabi merupakan salah satu mukjizat Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Rasulullah SAW bersabda, "Jika salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Sumber: Masrawy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement